Olahan Telur Asin Kekinian

Di Sini Bisa Coba Dory, Keripik Kentang hingga Donat Telur Asin

Maya Safira - detikFood Kamis, 26 Okt 2017 18:38 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Restoran ini mengkhususkan diri pada sajian telur asin. Di sini penyuka telur asin bisa mencoba olahan ayam, kentang, hingga dessert berpadu telur asin.

Di Pantai Indah Kapuk, ada restoran Sec Diner by Rius yang punya berbagai kreasi telur asin. Nama Sec sendiri merupakan singkatan dari Salted Egg Chicken. Ini juga jadi menu andalan Sec Diner.

Baca juga: Yuk, Cicip Rice Bowl Ayam dan Dory Saus Telur Asin di 5 Tempat Ini

Menurut Elwiana, PR Sec Diner, restoran bermula dari kehadiran Sec Bowl. Berpusat di Gajah Mada, tempat ini menawarkan nasi dengan ayam telur asin lewat pemesanan dari ojek online.

Di Sini Bisa Coba Dory, Keripik Kentang hingga Donat Telur AsinFoto: Detikfood

"Pertama semua dimulai dari online. Namanya Sec Bowl. Itu sekitar 1,5 tahun lalu. Kita mulai dengan ide menjual salted egg chicken. Dari situ ternyata publik suka banget sama salted egg chicken," ujarnya kepada Detikfood (19/10).

Pilihan sajian telur asin karena terinspirasi Singapura. Elwiana mengungkapkan, "Dulu pemiliknya (Rius Vernandes) SMA di Singapura, di sana lumayan terkenal Salted Egg Chicken. Dari situ dia mulai terinspirasi. Terus dia lanjut sekolah masa ke Le Cordon Bleu di Sydney, baru balik ke Indonesia bikin Sec Bowl."

Banyaknya pembeli Sec Bowl memicu dibuatnya restoran Sec Diner yang buka 16 September lalu. Ide hadirnya restoran agar bisa menyediakan tempat nyaman menikmati olahan telur asin.

"Kita pikir kalau makan salted egg biasanya delivery atau kalau nggak tempatnya kurang bagus. Kita punya ide kenapa nggak bikin tempat yang bagus dan cozy tapi bisa makan comfort food. Punya satu tempat dimana orang bisa datang sama teman dan keluarga untuk makan (salted egg) di sini," tambah Elwiana.

Di Sini Bisa Coba Dory, Keripik Kentang hingga Donat Telur AsinFoto: Detikfood

Di Sec Bowl menu andalannya antara lain Salted Egg Chicken, Salted Egg Dory, Shredded Ikan Balado dan Spicy Thai Basil Chicken. Sementara Sec Diner menawarkan menu yang lebih beragam. Seperti over rice, chips dan donat dari telur asin. Ada juga Mongolian Beef, Spicy Honey Chicken Wings dan Beef Sambal Matah.

Baca juga: Uniknya Donat dan Croissant dengan Isian Telur Asin

"Mengenai penjualan, kalau di restoran bisa jual 60-100 salted egg chicken saja belum sama yang lain. Kalau di Sec Bowl bisa 100-300 per hari. Kita selalu pakai bahan terbaik yang ada, selalu segar. Kita juga selalu memastikan semua konsisten," pungkas Elwiana.

Selain Sec Diner di PIK dan Sec Bowl di Tanah Sereal, kedepannya Sec by Rius akan buka Sec Bowl di Cikajang. Ini untuk melayani konsumen di kawasan Jakarta Selatan dan sekitarnya.

(adr/odi)