Kreatif! Kini di Palembang Ada Pempek Bentuk Ikan Nemo dan Aneka Buah

Raja Adil Siregar - detikFood Kamis, 19 Okt 2017 06:47 WIB
Foto: Raja Adil Siregar/detikcom Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Palembang - Kalau ke Palembang orang mencari pempek kapal selam, lenjer atau bulat. Kini ada pempek bentuk karakter ikan nemo dan tokoh kartun populer.

Melalui ide dan tangan kreatif dua bersaudara Eka dan Puji, pempek sebagai makanan khas "Wong Kito" ternyata bisa dibentuk menjadi beberapa tokoh kartun yang sangat diminati anak-anak. Bahkan, warnanya bukan hanya putih tetapi warna-warni. D

Dengan bahan baku buah dan sayuran, pempek hasil tangan kreatif pemilik toko "Pempek Cece 88" yang berada di Jalan Mayor Ruslan Palembang, berhasil memikat pemburu kuliner. Hasil dari ide yang muncul sejak sebulan lalu ini pun langsung menjadi tujuan utama pecinta pempek.

Kreatif! Kini di Palembang Ada Pempek Bentuk Ikan Nemo dan Aneka BuahFoto: Raja Adil Siregar/detikcom

"Idenya itu sekitar satu bulan yang lalu, saya lihat kue ulang tahun itu kan semua manis, kemudian coba yang baru menggunakan pempek, awalnya coba buat karakter ikan nemo yang dikemas untuk ulang tahun dan akhirnya berhasil memikat masyarakat. Sekarang juga mulai membuat berbentuk bunga dan buah-buahan sesuai pesanan," terang Eka saat ditemui detikFood, Rabu (18/10/2017).

Untuk bahan baku pembuatan, Eka mengaku tidak berbeda jauh dengan pempek pada umumnya, yakni adonan ikan tenggiri dan tepung kanji. Hanya saja jika biasanya tidak menggunakan pewarna, untuk pempek karakter ini harus diberi warna.

Kreatif! Kini di Palembang Ada Pempek Bentuk Ikan Nemo dan Aneka BuahFoto: Raja Adil Siregar/detikcom

Sementara cita rasa, tidak ada perubahan meskipun menggunakan pewarna buah dan sayuran. Bahkan, makanan khas tradisional yang dikemasnya secara modern mampu menghasilkan keuntungan.

Ada beberapa warna pempek yang dihasilkan di toko yang baru berdiri sejak Maret lalu ini, yakni warna kuning dari labu, oranye dari bahan baku sari wortel, ungu dari sari ubi ungu, hijau dari sayur sawi, merah dari bit dan merah muda dari sari buah naga.

Kreatif! Kini di Palembang Ada Pempek Bentuk Ikan Nemo dan Aneka BuahFoto: Raja Adil Siregar/detikcom

Untuk menjaga kualitas pempek dengan bahan pewarna alami, Eka mengaku memproduksinya apabila telah ada pesanan dari pelanggan. Harganya pun cukup murah, untuk satu karakter dibandrol mulai dari harga Rp 100.000 tergantung ukuran dan tingkat kesulitan.

"Untuk warna dan karakter itu kita buat sesuai pesanan pelanggan agar kualitas pempek tetap terjaga, biasanya satu hari sebelumnya harus sudah pesan. Karakter kartun itu biasanya anak-anak yang tidak suka pempek jadi suka, kalau bentuk bunga banyak dipesan oleh anak muda untuk acara ulang tahun pasangannya," sambung wanita kelahiran 28 tahun silam ini (odi/odi)
Load Komentar ...