Malam Ini Enaknya Ngemil Bola-bola Ubi Hangat dengan Taburan Gula Halus

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Rabu, 18 Okt 2017 19:25 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Bola-bola ubi yang hangat cocok jadi camilan sore ini. Dibuat dengan ubi kuning hingga ungu, paling enak diberi taburan gula halus. Nyam!

Camilan jadul asli Indonesia menjadi camilan hits di kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa dan tidak menutup kemungkinan orang tua pun ingin mencobanya. Bola-bola ubi kembali populer, kalau dulu dijual di gerobak gorengan dan tak terlalu terekspos, kali ini bola ubi dibuat kekinian dengan paduan rasa yang beraneka ragam.

Bola-Bola Ubi ini sama sekali tidak memiliki isi, alias kosong. Ada yang disajikan dengan ditaburkan gula halus, ada juga yang tidak perlu menggunakan gula halus lagi karena sudah manis dari kulit renyahnya.

Malam Ini Enaknya Ngemil Bola-bola Ubi Hangat dengan Taburan Gula HalusFoto: detikFood


Baca juga: Bola-bola Ubi Kopong, Jajanan Ndeso yang Mendadak Hits

Biasanya camilan ini bisa Anda temukan di gerobak atau kedai di pinggir jalan. Memiliki beberapa cabang, Anda bisa menemukannya di Pasar Paramount Gading Serpong. Ada BOBOBI (bola-bola ubi), BOBIKO (bola ubi kopong), dan BOLBI (bola ubi). Harganya kisaran Rp 20.000 untuk satu porsi. Satu porsi berisi 10 pcs bola ubi.

Uniknya, BOBOBI menjual tiga varian rasa yaitu kuning yang di dapat dari ubi biasa, warna ungu yang di dapat dari ubi merah dan warna hijau yang terbuat dengan rasa pandan.

Dalam sehari, ratusan bola-bola ubi bisa terjual. "Biasanya sih kita kalau hari biasa 700 hingga 800 bola ubi, kalau weekend itu bisa mencapai 1000," jelas Andrie, karyawan dari BOBOBI.

Malam Ini Enaknya Ngemil Bola-bola Ubi Hangat dengan Taburan Gula HalusFoto: Istimewa


Bola ubi yang dijual dikawasan Pasar Paramount memang di dominasi pembeli dari mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Matana University dan mahasiswa-mahasiswa dari luar Gading Serpong. Karena tempatnya yang memang khusus menjual makanan dan harga yang ditawarkan relatif murah. Menjadikan Pasar Paramount sebagai singgahan mahasiswa dari Tangerang bahkan Jakarta untuk mencicip makanan enak.

Jika Anda perhatikan, cara membuat bola ubi di BOBOBI sedikit unik karena bola-bola ubi dimasukkan dalam minyak dingin dan digoreng dua kali. Lalu, bola-bola yang ditekan menggunakan spatulla khusus seketika akan membesar dengan beberapa kali ditekan. Bola ubi ketika sudah digoreng yang kedua kalinya dianjurkan untuk ditekan, agar mengembang.

Malam Ini Enaknya Ngemil Bola-bola Ubi Hangat dengan Taburan Gula HalusFoto: Istimewa


"Iya, mba. Harus ditekan pas dimasak di kuali ke dua. Kan biar ngembang. Kalo nggak gitu ya nggak akan ngembang, nanti hasilnya kayak dipenggorengan pertama. Bantet bisa dibilang," jelas Andrie.

Jika Anda ragu akan minyak digunakan oleh penjual Anda juga bisa membuatnya di rumah. Selain itu, camilan ini bisa Anda manfaatkan untuk bersantai dirumah bersama keluarga. Bahan-bahannya sangat mudah seperti ubi jalar, tepung tapioka, gula pasir, baking powder dan minyak goreng secukupnya.

Selain itu, bola ubi ini tidak boleh Anda diamkan hingga keesokan harinya. Karena bulatannya tidak akan lagi sempurna seperti Anda membelinya. Bola ubi akan mengempis jika sudah keluar dari penggorengan. Jadi, Anda harus membeli atau membuatnya sesuai dengan jumlah yang akan Anda konsumsi.

Baca juga: Bikin Sendiri Camilan Bola-bola Ubi Ungu dengan 4 Langkah Ini (msa/odi)
Load Komentar ...