Ini 5 Makanan yang Tak Disarankan Dipesan Melalui Room Service

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Senin, 16 Okt 2017 12:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Demi merasakan pengalaman makan mewah di kamar hotel, banyak orang yang pesan makanan. Tapi, tak semua makanan bisa dipesan, salah satunya 5 makanan ini.

Dikutip dalam MSN, 5 makanan ini ternyata bisa membuat Anda kecewa. Pasalnya, ketika sampai di kamar hotel, tentu tekstur dan penyajiannya agak berbeda. Dan yang pasti tak hangat lagi.

Baca juga: Nginap di Hotel Ini Bisa Pesan Donat Jumbo Seberat 4,5 Kg!

1. Spaghetti dan bola-bola daging

Ini 5 Makanan yang Tak Disarankan Dipesan Melalui Layanan <i>Room Service</i>Foto: iStock

"Pasta yang sudah disiram saus bisa jadi zat pengental ketika terkena udara,"Jelas Kelly Merritt, penulis The Everything Guide to Budget Travel and FLIGHT. Akan tetapi karena cita rasa yang enak dari perpaduan spaghetti dan bakso tentu tak mungkin Anda tidak memesannya.

Jika Anda mengingikan sekali makanan ini, cobalah trik sederhana dari Merritt, "Jika saya melihat spaghetti dengan bola-bola daging saya suka memesan roti kering yang ditaruh di sisi bola-bola daging dan meminta tambahan keju seperti mozarella atau parmesan yang disajikan untuk topping dan dibagian sampingnya," lanjut Merritt.

2. Makanan yang digoreng

Ini 5 Makanan yang Tak Disarankan Dipesan Melalui Layanan <i>Room Service</i>Foto: iStock

"Penutup vented menyebabkan gorengan seperti kentang, bawang berbentuk cincin, atau bahkan udang goreng menjadi basah karena uapnya," ujar Skipp Worden, Executive Chef di the Westin Jekyll Island, Georgia. Untuk menghindari 'Soggy Fries Syndrome', Anda bisa meminta pesanan Anda untuk lebih crispy atau bahkan dibakar. Tapi memang usulan memesan makanan yang digoreng kemudian diganti dengan dibakar tidak bisa menjamin rasanya.

3. Sayuran Kukus

Ini 5 Makanan yang Tak Disarankan Dipesan Melalui Layanan <i>Room Service</i>Foto: iStock

Sayuran yang bertekstur lunak sama sekali tidak layak untuk di kukus, "Bahan makanan seperti brokoli dan bahkan squash serta wortel yang terkena uap karena penutup hidangannya saat waiters mengantarkan hidangan makanannya ke kamar Anda," jelas Merritt. Jika Anda berminat untuk memesan sayuran, cobalah crudité platter dengan hummus atau bahkan saus salad yang tak mudah lumer.

4. Pizza

Ini 5 Makanan yang Tak Disarankan Dipesan Melalui Layanan <i>Room Service</i>Foto: Istimewa

Banyak orang tidak akan memesan makanan gorengan dari menu layanan kamar karena kemungkinan besar tidak akan renyah saat tiba. Beberapa orang akan lebih memilih pizza sebagai pesanannya, namun Anda juga harus memperhatikan hotel yang Anda kunjungi spesial dengan makanan apa atau makanan khas apa yang ia miliki, agar tidak salah memesan Pizza. Kecuali jika hotel ini memiliki Restoran Italia atau dikenal dengan pizza itu, ada kemungkinan untuk Anda pesan.

Akan tetapi jika hotel ini menu andalannya bukan pizza, maka sebaiknya hindari memesan makanan ini. Karena pizza yang sudah agak dingin akan memiliki tekstur yang keras dan cenderung alot.

5. Telur

Ini 5 Makanan yang Tak Disarankan Dipesan Melalui Layanan <i>Room Service</i>Foto: iStock

Worden menyarankan untuk memesan sarapan lain selain telur karena masalah suhu. Karena telur bersifat cepat dingin jika lama sampai ke kamar Anda. "Telur akan sangat cepat menjadi dingin. Pilihlah makanan seperti pancake, roti panggang Perancis atau sereal hangat, yang bisa menahan panasnya lebih lama dan tidak mengalami penumpukan uap," jelas Worden.

Baca juga: Di Bandung Bisa Menginap Sambil Makan Enak di 4 Hotel Unik Ini

(lus/odi)