Makanan Super Pedas

Ini Dia 10 Cabai Terpedas di Dunia, Rasanya Seperti Apa Ya? (2)

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 06 Okt 2017 16:22 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Jakarta - Berani coba? Beberapa jenis cabai ini bisa bikin Anda meringis. Disebut-sebut sebagai cabai terpedas di dunia, salah satu jenisnya justru digunakan sebagai obat bius alami.

Bukan saja bisa sakit perut, kebanyakan makan cabai ini justru bisa membuat lidah terbakar hingga mematikan. Selain Komodo Dragon dan Napa Viper, ternyata ada jenis cabai lainnya yang ternyata lebih pedas. Huaah!

Baca juga: Ini 'Pepper X,' Cabe Terpedas di Dunia dengan Kepedasan 3 Juta Scoville

7. 7 Pot Douglah

Bukan berwarna merah, cabai ini punya varian warna agak kecokelatan. Cabai jenis ini juga berasal dari Trinidad, dan konon jadi salah satu cabai yang langka. Tingkat kepedasannya bisa mencapai 1,8 juta SHU (Scoville Heat Unit). Rasa pedasnya lebih tinggi dibandingkan dengan 7 Pot Primo.

Dijuluki, cabai setan. Rasanya bikin lidah Anda terbakar!Dijuluki, cabai setan. Rasanya bikin lidah Anda terbakar! Foto: Istimewa

8. Bhut Jolokia
Bhut Jolokia saat ini tercatat sebagai cabai terpedas di dunia yang diakui oleh Guinness World Records. Bentuk cabe ini keriput dan ukurannya gemuk kecil.

Data American Society For Horticultural Science, mencatat skala pedasnya berdasarkan ukuran Scoville Heat Unit (SHU) mencapai 1 juta SHU, hampir 10 kali lipat pedasnya dibanding cabai dalam negeri yang hanya 100.000 SHU.

9. Dragon's Breath

Tom Smith Plants di Wales, Inggris mengklaim bahwa cabai bernama Dragon's Breath adalah jenis cabai terpedas di dunia saat ini. Skala kepedasan Dragon's Breath mencapai 2.48 juta unit Scoville.

Untuk kepentingan medis, cabai ini juga sering dikembangkan menjadi obat bius bagi mereka yang alergi. Sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti anestesi dengan harga yang lebih terjangkau.

Ini Dia 10 Cabai Terpedas di Dunia, Rasanya Seperti Apa Ya? (2)Pepper X yang disebut sebagai cabai paling pedas di dunia. Foto: Istimewa

10. Pepper X

Munculnya Pepper X mengalahkan cabe terpedas di dunia yaitu California Reaper dan Dragon's Breath. Rekor tersebut tercatat pada Guinness World Record pada tahun 2013. Cabai jenis ini dikembangkan oleh Smokin' Ed Currie.

Kepedasan Pepper X dihitung kira-kira 3.18 juta Scoville. Sejauh ini, jika Pepper X dihitung menggunakan skala scoville maka dapat dikategorikan sebagai cabe yang terpedas.

Baca juga: Inilah Trinidad Moruga Scorpion, Cabai Terpedas Spesies Baru! (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Super Pedas
Load Komentar ...