Makanan Super Pedas

Huahh! Tersengat Pedasnya Seblak Kuah Khas Bandung dengan Isian Lengkap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 05 Okt 2017 17:50 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Dari Bandung, ada jajanan super pedas yang kini jadi favorit. Seblak diracik dengan kerupuk, kwetiau dan bakso lalu ditambahkan bumbu kencur plus cabai rawit.

Mendengar seblak pasti sudah bikin pencinta pedas ngiler. Jajanan khas Bandung ini menggunakan krupuk godog atau kerupuk aci sebagai bahan utamanya. Seiring waktu, isian seblak bertambah lengkap dengan penggunaan makaroni, kwetiau, bakso, tetelan, tulang hingga ceker ayam.

Ada dua jenis seblak yang bisa dinikmati. Pertama adalah seblak kering berbentuk mirip bakso goreng atau basreng. Teksturnya renyah khas kerupuk dengan balutan bumbu pedas yang kering.

Huahh! Tersengat Pedasnya Seblak Kuah Khas Bandung dengan Isian LengkapFoto: dok. detikFood

Kedua adalah seblak basah yang lebih populer. Seblak ini diberi sedikit kuah dan banyak dijajakan dengan gerobak. Untuk meraciknya, bumbu bawang putih yang sudah dihaluskan ditumis hingga harum. Selanjutnya ditambahkan cabai rawit halus dan dituangi air.

Telur kocok lalu dimasukkan berikut sawi dan isian seperti kerupuk, kwetiau dan makaroni yang sudah direbus terlebih dahulu. Barulah ceker ayam atau tulang dimasukkan. Terakhir, kaldu bubuk, garam dan gula ditambahkan untuk memberi rasa. Semua bahan dimasak bersama hingga matang dan bumbunya agak mengental.

Ada dua jenis bumbu seblak basah yang populer. Versi aslinya menggunakan kencur sehingga kuah seblak sedikit kuning dengan cita rasa khas. Namun ada pula yang membuatnya hanya dengan bumbu bawang dan cabai saja.

Huahh! Tersengat Pedasnya Seblak Kuah Khas Bandung dengan Isian LengkapFoto: Istimewa

Di Bandung sangat mudah menemukan tempat makan seblak enak. Seblak basah "Deu't Enghar" adalah salah satunya. Tersedia 30 menu seblak di sini dengan tambahan kikil sapi, bakso, siomay dan jamur. Ada juga seblak versi vegetarian dengan campuran brokoli, wortel, jamur dan bakso.

Sementara di Jakarta, seblak super pedas ada di Seblak Jeletet Murni. Rumah makan seblak di Pademangan ini selalu diantre pembeli. Menu andalannya adalah seblak dengan campuran 5 centong sambal.

Huahh! Tersengat Pedasnya Seblak Kuah Khas Bandung dengan Isian LengkapFoto: dok. detikFood

Pilihan isiannya juga cukup beragam seperti kerupuk, mie, kwetiau, makaroni, kikil, bakso, tulang dan juga ceker. Setiap isian dibandrol dengan harga sekitar Rp 7.000 - Rp 8.000. Ada juga topping sayap ayam (Rp 6.000) dan telur (Rp 4.000). Soal rasa pedas, jangan ditanya! Level 3 saja sudah bikin mata melotot.

Nah, kalau penasaran membuat seblak, Anda bisa membuatnya dengan resep praktis ini. Bahan yang diperlukan hanya kerupuk aci mentah, telur ayam, bakso sapi dan sawi hijau. Yuk, bikin!

(adr/odi)