Canggih! Alat Ini Bisa Cepat Hitung Kalori dari Sepiring Makanan

Maya Safira - detikFood Kamis, 05 Okt 2017 14:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kalau sedang diet, tentunya penghitungan kalori termasuk penting. Keberadaan alat ini bisa mempermudahnya. Asupan kalori pun jadi lebih terkontrol.

Kalau Anda berencana diet atau punya masalah kesehatan serius seperti diabetes, tentunya perlu mengetahui asupan makanan. Baik jenisnya maupun jumlah kalori dari makanan tersebut.

Kemajuan zaman membuat penghitungan kalori jadi lebih mudah. Kalkulator nutrisi dan kalori bahkan kini sudah ada dalam smartphone. Tapi keberadaannya hanya sebagai panduan.

Canggih! Alat Ini Bisa Cepat Hitung Kalori dari Sepiring MakananFoto: Istimewa

Sementara itu, Panasonic membuat alat baru yang revolusioner bernama CaloRieco. Laporan Oddity Central (4/10) menyebut kalau alat bisa menganalisa makanan di piring. Sekaligus memberikan informasi akurat terkait kalorinya hanya dalam beberapa detik.

Ini berbeda dengan kalkulator kalori yang sudah ada. Karena kalkulator kalori hanya memberi informasi umum. Misalnya, kalkulator akan memberi tahu rata-rata jumlah kalori dalam burger. Tapi tidak bisa menyebutkan berapa banyak kalori burger dari restoran tertentu.

Hal tersebut berlaku juga pada perhitungan nutrisi seperti karbohidrat, protein atau lemak. Sedangkan CaloRieco bisa memberikan informasi akurat mengenai apa saja yang ada di piring.

Diperkenalkan dalam kegiatan teknologi baru-baru ini, CEATEC 2017, CaloRieco termasuk alat berteknologi tinggi. Ada penggunaan teknologi refleksi cahaya untuk menentukan nilai nutrisi dari berbagai makanan. Tersedia pula perhitungan kalori akurat.

Canggih! Alat Ini Bisa Cepat Hitung Kalori dari Sepiring MakananFoto: Istimewa

Cara penggunaannya, piring ditaruh dalam alat berbentuk kotak itu. Kemudian tunggu 10-20 detik agar mesin bisa menganalisa semua makanan di piring.

Setelah selesai menganalisa berbagai jenis bahan dalam makanan, CaloRieco menunjukkan jumlah kalori dan kandungan nutrisi dalam sebuah tampilan LED. Menurut Panasonic, alat bisa mengetahui mayoritas makanan. Kecuali sup dan hidangan yang berwarna sangat gelap.

CaloRieco juga bisa dikoneksikan ke smartphone melalui app. Sehingga semua data dari analisa makanan bisa dikirim ke ponsel dan Anda bisa mengaksesnya kapanpun diperlukan.

Panasonic mengatakan alat pintarnya ditujukan bagi pelaku diet dan pengidap diabetes. Namun sayangnya, CaloRieco yang ditampilkan pada CEATEC masih berupa prototipe.

Rencananya CaloRieco baru masuk ke pasaran dalam beberapa tahun mendatang. Harganya pun belum bisa diprediksikan.

(adr/odi)