Nasi Daging Nusantara dan Nasi Kuning Ayam, Menu Ransum TNI yang Sedap dan Praktis

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 05 Okt 2017 12:33 WIB
Foto: Vice Foto: Vice
Jakarta - Hari ini Tentara Nasional Indonesia (TNI) berulang tahun ke-72. Segala hal tentang TNI menarik perhatian termasuk tentang jenis ransumnya.

Jalani tugas negara bukanlah hal mudah bagi tentara. Terlebih jika mereka ditempatkan di medan perang atau wilayah perbatasan yang jauh dari rumah penduduk atau pusat keramaian.

Makanan praktis pengganjal perutpun harus disiapkan. Makanan untuk TNI ini sering disebut ransum. Menilik arti sebenarnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ransum adalah bagian makanan yang sudah ditentukan ukurannya untuk setiap orang.

Nasi Daging Nusantara dan Nasi Kuning Ayam, Menu Ransum TNI yang Sedap dan PraktisKemasan Paket Ransum TNI (Foto: Istimewa)

Tak heran, ransum TNI ini dikemas layaknya paket. Di dalamnya berisi bahan makanan yang bisa langsung disantap atau perlu diolah. Berikut alat untuk mengolah bahan makanan tersebut dan alat makannya.

Ada beberapa jenis ransum TNI yang umum ditemui. Diantaranya T2P, T2PJ dan T2SP yang masing-masing berisi satu makanan berat, makanan ringan dan satu minuman instan. Tiap paket ini dilengkapi keterangan halal, bebas MSG dan tidak memakai bahan baku pangan yang dimodifikasi secara genetis (GMO).

Dikutip dari Vice (5/10), T2P adalah jenis ransum berbungkus kantung plastik yang bisa langsung dimakan ataupun dipanaskan. Pilihan rasa menunya sangat 'Indonesia' seperti Nasi Ayam Jamur, Nasi Daging Nusantara dan Nasi Rendang Ikan. Kabarnya ransum Nasi Daging Nusantara paling enak karena lauknya banyak.

Nasi Daging Nusantara dan Nasi Kuning Ayam, Menu Ransum TNI yang Sedap dan PraktisRansum T2PJ yang Perlu Dimasak dengan Air Panas (Foto: Vice)

Sementara T2PJ adalah ransum yang perlu dimasak dengan air panas sebelum dinikmati. Pilihan menunya juga tak kalah enak seperti Nasi Kuning Ayam, Nasi Laksa Ikan, Nasi Kebuli Daging dan Sup Krim Jagung. Rasa Nasi Kuning Ayam dan Sup Krim Jagung kabarnya paling mirip asli.

Ketiga ada ransum T2SP yang berupa makanan kaleng. Menunya antara lain Nasi Daging Lada Hitam, Nasi Ayam Bumbu Rujak dan Nasi Ikan Saus Tomat. Makanan ini harus dipanaskan dengan kompor. Para tentara perlu memanfaatkan kompor lipat dan bahan bakar yang sudah disertakan dalam ransum untuk menikmati ransum T2SP.

Nasi Daging Nusantara dan Nasi Kuning Ayam, Menu Ransum TNI yang Sedap dan PraktisRansum T2SP Berupa Makanan Kaleng (Foto: Vice)

Selain makanan utama, ransum tentara juga berisi minuman instan seperti kopi, jus buah dan minuman sereal. Tak ketinggalan Enertab yang mirip protein shake. Bentuknya seperti tablet kasar.

Kabarnya tekstur Enertab sangat keras dengan rasa manis. Jika memakan satu buah Enertab saja, perut tentara akan kenyang seharian.

Lewat akun Twitter Pusat Penerang TNI (@Puspen_TNI), TNI menjelaskan ransum tentara hanya diperuntukkan bagi tentara. "Ransum TNI tidak diperjualbelikan. Bila ada yg menawarkan, bisa dipastikan ilegal dan melanggar hukum. TNI TENGAH PROSES KASUS TSB!," tulis Puspen TNI pada 16 Maret 2017.

Nasi Daging Nusantara dan Nasi Kuning Ayam, Menu Ransum TNI yang Sedap dan PraktisPeringatan dari Puspen TNI Soal Ransum TNI (Foto: Puspen TNI)

Informasi ini dikeluarkan mengingat beberapa situs jual beli online menawarkan ransum TNI dengan harga sekitar Rp 75.000 per paket. Puspen TNI melarang jual beli ini dengan alasan ransum TNI dibuat khusus sebagai logistik pasukan saat latihan dan operasi.

"Pengadaannya berasal dari APBN yang tentunya ada pertanggungjawabannya," tulis Puspen TNI. Mereka juga menjelaskan bagi oknum tentara yang menjual ransum sedang diproses. "Kami memberi tahu agar masyarakat untuk tidak lagi membeli, menjual atau mengunggah ransum TNI," tulis Puspen TNI.

(adr/odi)
Load Komentar ...