Ini Sebabnya Keju Mozzarella dari Susu Kerbau Rasanya Lebih Gurih Lembut

Nailatul Fadhillah - detikFood Jumat, 29 Sep 2017 13:23 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Keju mozzarella banyak dipakai untuk topping pizza dan isian roti. Aslinya keju ini mulur lembut dan dibuat dari susu kerbau.

Kalau ingin merasakan mozzarella sesungguhnya, cobalah Buffalo Mozzarella. Mozzarella berbahan susu kerbau ini diakui rasanya lebih enak dari yang memakai susu sapi.

Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa mozzarella dengan kualitas terbaik di dunia sebenarnya terbuat dari susu kerbau. Bukan hanya kualitas, namun rasanya juga dinilai lebih baik dibandingkan dengan yang terbuat dari susu sapi.

Ini Sebabnya Keju Mozzarella dari Susu Kerbau Rasanya Lebih Gurih LembutFoto: iStock


Baca juga: Buffalo Mozzarella

Buffalo mozzarella punya tekstur lebih lembut, juicy, creamy dan jauh lebih beraroma daripada yang dibuat dari susu sapi. Dengan sedikit keasaman dan kedalaman rasa yang dimilikinya.

Setidaknya ada 7% kandungan lemak pada susu kerbau. Angka ini hampir dua kali lipat dari yang dimiliki susu sapi. Seperti susu kambing yang rasanya berbeda dengan susu domba, susu sapi rasanya berbeda dengan susu kerbau. Susu kerbau pun hanya terasa lebih enak saat diolah menjadi mozzarella.

Mozzarella versi asli atau yang dibuat sepenuhnya dengan susu kerbau disebut Mozzarella di Buffala. Kerbau-kerbau yang digunakan adalah kerbau Italia yang berasal dari daerah Mediterania.

Ini Sebabnya Keju Mozzarella dari Susu Kerbau Rasanya Lebih Gurih LembutFoto: iStock


Buffalo mozzarella secara teknis dapat diproduksi dimanapun. Namun secara resmi diatur pemerintah (DOC) sehingga Mozzarella di Bufala Campana hanya dapat diproduksi dengan menggunakan resep tradisional di daerah Campania, Lazio, Apulia, dan Molise.

Baca juga: Resep Camilan : Kroket Mozzarella

Di Indonesia peredaran mozzarella yang terbuat dari susu kerbau masih terbilang langka. Akan tetapi Anda bisa menemukan Ara Finello Mozzarella Cheese yang sudah tersebar luas di berbagai supermarket di Indonesia. Bacaterus.com mengungkapkan bahwa produk ini terbuat dari 100 persen susu kerbau segar dari Denmark. (msa/odi)