Minuman Segar dan Trendi

Slurpp! Asam Segar Jus Kedondong Enak untuk Menumpas Dahaga

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 27 Sep 2017 16:22 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kedondong umum dijadikan buah rujak, tapi buah yang renyah segar ini juga enak dijus. Rasanya asam segar sehingga ampuh segarkan tenggorokan.

Kedondong mungkin tak sepopuler buah alpukat, mangga atau jambu biji untuk dijus. Tapi buah dengan sebutan ambarella dalam bahasa Inggris ini punya banyak penggemar saat diolah jadi jus.

Tak lain karena rasa jus kedondong yang asam segar. Dalam pembuatannya, kedondong dicampurkan gula pasir dan es batu. Ada juga yang menambahkan madu dan garam untuk sentuhan rasa manis gurih pada minuman. Karenanya minuman kuning kehijauan ini disukai banyak orang.

Slurpp! Asam Segar Jus Kedondong Enak untuk Menumpas DahagaFoto: Istimewa

Jus kedondong juga banyak ditemui di Malaysia. Namanya jus ambula dengan rasa dominan asam sedikit manis. Biasanya jus ambula juga ditambahkan manisan kiamboi. Manisan buah dari China ini dibalut sejenis bubuk warna putih. Rasanya bukan manis tapi justru asin.

Bukan hanya rasanya enak, jus kedondong ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Satu buah kedondong saja, misalnya, mengandung 48 kkal energi, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 233 IU vitamin A, 30 mg vitamin C, 15 mg kalsium, 3 mg zat besi dan 22 gram fosfor.

Kedondong juga mengandung serat dan vitamin B seperti tiamin dan riboflavin. Dikutip dari Med India (27/9), manfaat lain dari konsumsi kedondong adalah meningkatkan daya tahan tubuh, sehatkan kulit, bantu atasi batuk serta masalah pencernaan.

Slurpp! Asam Segar Jus Kedondong Enak untuk Menumpas DahagaFoto: Istimewa

Nah, kalau mau mencicip jus kedondong, banyak restoran kini menyediakannya. Termasuk restoran Malaysia Penang Bistro, Penang Paradise dan Uncle K.

Tak ketinggalan restoran seafood Bandar Djakarta dan Talaga Sampireun. Rasa asam segar jus kedondong dianggap cocok untuk menumpas dahaga usai menikmati seafood.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com