Pemilik Resto Ini Minta Predikat Bintang Michelin-nya Dicabut, Loh Kenapa Ya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Sep 2017 16:53 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Pemilik restoran umumnya mendambakan bintang Michelin. Tapi salah seorang pemilik resto bintang Michelin di Prancis justru ingin predikat bergengsinya ini dicabut.

Tak main-main, restoran Le Suquet à Laguiole sudah 18 tahun memegang predikat bintang 3 Michelin. Kini sang pemilik restoran, Sébastien Bras yang merupakan anak dari chef dunia ternama, Michel Bras, mengambil langkah lain.

Dikutip dari Foodbeast (22/9), Bras justru meminta Michelin secara resmi agar restorannya tak dimasukkan dalam Michelin Guide tahun 2018. Seperti diketahui, ia sudah 10 tahun bertanggung jawab mengelola restoran ini.

Pemilik Resto Ini Minta Predikat Bintang Michelin-nya Dicabut, Loh Kenapa Ya?Foto: Istimewa

Baca Juga:
Tokyo Raih Predikat Kota dengan Restoran Peraih Bintang Michelin Terbanyak

Alasannya tak lain karena tekanan dan ekspektasi pengunjung pada restoran berkualitas seperti Le Suquet à Laguiole. Bras berharap ke depannya restoran bisa lebih rileks, "dengan suasana santai dan tanpa stress, menawarkan makanan dan layanan yang mewakili semangat dan negeri kami."

Permintaan Bras ini diunggah via Facebook resmi restoran. Ia mengatakan ingin membuka lembaran baru dalam perjalanan karirnya. "Tanpa penghargaan dari Michelin Guide, namun dengan lebih banyak semangat untuk dapur restoran," ujar Bras.

Baca Juga: Restoran Bintang 2 Michelin ini Ketahuan Menggaji Karyawannya di Bawah Standar

Pemilik Resto Ini Minta Predikat Bintang Michelin-nya Dicabut, Loh Kenapa Ya?Foto: Istimewa

Agaknya Bras berharap bisa bebas stress dari kritik-kritik yang mungkin muncul dari inspektur Michelin Guide. Mengenai hal ini, anggota komite eksekutif Michelin, Claire Dorland-Clauzel memberi tanggapannya.

Menurutnya permintaan Bras adalah yang pertama kali untuk Michelin Guide. "Permintaan ini akan dipertimbangkan, namun tidak ada jaminan, mengingat panduan ini dibuat untuk konsumen bukan pemilik restoran," pungkas Dorland-Clauzel.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com