4 Bahan Tambahan Ini Dijamin Bikin Ramyun Instan Lebih Nikmat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 24 Sep 2017 11:24 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Mie instan asal Korea, ramyun kini banyak digemari. Agar rasanya lebih enak, orang Korea beri tips menambahkan 4 bahan rahasia ini.

Ramyun terasa nikmat dengan pemakaian bumbu instan di dalamya. Namun ternyata orang Korea punya trik membuat sajian ramuyun instan jadi lebih nikmat lagi. Mereka menambahkan bahan-bahan sederhana berikut ini.

Baca Juga: Suka Ramyun? 9 Racikan Mie Instan Korea Ini Benar-benar Bikin Ngiler!

1. Bawang putih

4 Bahan Tambahan Ini Dijamin Bikin Ramyun Instan Lebih NikmatFoto: Istimewa


Bukan rahasia lagi kalau gurihnya bawang putih sangat pas melengkapi sajian ramyun. Karenanya beberapa resto ramen Jepang juga menyediakan bawang putih sebagai bumbu wajib di atas meja. Tambahkan bawang putih yang sudah dicincang atau dihancurkan ke dalam kuah ramen. Selain membuat rasa kaldu makin enak, penambahan bawang putih bisa menghilangkan rasa minyak berlebih pada ramyun instan.

2. Daun bawang

4 Bahan Tambahan Ini Dijamin Bikin Ramyun Instan Lebih NikmatFoto: Istimewa


Daun bawang atau green onion atau pachae juga jadi bahan yang bikin rasa ramyun makin nikmat. Menambahkan irisan daun bawang membuat ramyun terasa lebih segar sekaligus menghilangkan minyak berlebih. Tak hanya itu, tekstur daun bawang yang renyah juga difavoritkan banyak orang.

Untuk menggunakannya, pastikan memasukkan daun bawang 1-2 menit sebelum ramyun selesai dimasak. Ini agar daun bawang tetap melalui proses pemasakan namun tidak berlebihan sehingga teksturnya masih renyah.

3. Pasta kedelai

4 Bahan Tambahan Ini Dijamin Bikin Ramyun Instan Lebih NikmatFoto: Istimewa


Ssamjang adalah pasta kedelai olahan yang banyak dipakai dalam masakan Korea. Hasilnya, rasa hidangan lebih 'kaya' dan gurih. Biasanya ssamjang dipakai pada BBQ Korea atau diolesi pada nasi yang dimakan dengan bungkusan selada.

Menambahkan ssamjang pada ramyun instan membuat sajian mie rebus ini terasa mirip tteokbokki. Namun hati-hati menambahkan ssamjang. Jangan teralu banyak karena rasanya bisa sangat asin. Untuk menghasilkan rasa yang pas, sebaiknya Anda menambahkan lebih banyak air pada saat membuat ramyun. Kalau masih asin, tambahkan lagi air tersebut.

4. Minyak tuna kalengan

4 Bahan Tambahan Ini Dijamin Bikin Ramyun Instan Lebih NikmatFoto: Istimewa


Bahan terakhir ini mungkin membuat Anda heran. Tapi siapa sangka minyak pada produk tuna kalengan bisa membuat rasa ramyun jauh lebih nikmat. Gunakan sedikit saja karena air tuna kalengan ini asin. Kira-kira 1 sendok makan atau 1 sendok teh saja.

Baca Juga: Ramyun yang Gurih Hangat Tersedia di 4 Tempat Ini (msa/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com