Ini Fakta Soal 'Daging Kepiting' yang Ada Dalam Sushi California Roll

Esther Suhana - detikFood Jumat, 22 Sep 2017 10:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Salah satu jenis sushi fusion yang terkenal adalah California Roll. Sushi ini punya sejarah dan fakta unik soal isiannya.

Salah satu jenis seafood yang ada dalam sushi khas Amerika California Roll adalah daging kepiting yang disebut surimi. Sushi ini berisi kamaboko, alpukat, mayonnaise, wijen putih, dan surimi.

Baca juga: Meracik California Roll, Sushi Fusion Paling Top Buatan Chef Itoph

California Roll merupakan sushi yang diciptakan untuk orang Amerika yang tak terbiasa menyantap seafood mentah. Karenanya sushi ini diisi dengan bahan matang dan segar.

Foto: iStock


Sushi ini diciptakan pertama kali oleh chef Jepang di Kanada. Dalam waktu singkat digemari orang dari Los Angeles. Karena menu California Roll selalu disajikan maka California Roll menjadi salah satu kreasi fusion yang populer di dunia.

Daging kepiting atau yang disebut juga surimi merupakan buatan dari ikan pollock. tetapi juga bisa ditambahkan bahan lainnya sepertiputih telur, gula dan perisa kepiting.

Imitasi daging kepiting ini telah dibuat sejak berabad-abad llalu dan sering dipakai dalam berbagai jensi makanan. Seperti sup dan salad serta jajanan.

Foto: iStock


Surimi berbentuk penjang seperti jari telunjuk dengan warna kemerahan di bagian sisinya. Teskturnya berserat persis daging kepiting. Rasa dan aromanya persis kepiting.

Surimi gampang dibeli di supermarket di bagian makanan beku dan dijual dalam kemasan plastik. Jika ingin mencicipi sushi dengan daging kepiting asli, Anda harus mencari di restoran Jepang yang berkelas. Tentu saja harus membayar lebih mahal.

Selain California Roll, ada beberapa jenis sushi lainnya seperti; Nigirizushi, Makizushi, Chirashizushi, Oshizushi, Narezushi, dan Inarizushi.

Baca juga: 5 Sushi Roll Ini Paling Sering Dipesan di Resto Sushi (msa/odi)
Load Komentar ...