Ahli Kopi Amerika: Perkembangan Kopi Indonesia Sangat Luar Biasa

Maya Safira - detikFood Senin, 18 Sep 2017 19:23 WIB
Foto: Detikcom Foto: Detikcom
Jakarta - Ahli kopi dari Amerika ini menyebut perkembangan kopi di Indonesia menarik. Ia juga memberi tips bagi yang ingin membuka gerai kopi yang berbeda.

Sarah Palmer, Global Sales Manager Synesso Synesso, sempat berbagi ilmu tentang espresso dan bisnis kopi dalam Exclusive Coffee Class (15/9) di Anomali Coffee Menteng. Menurutnya tren global saat ini mulai banyak mengarah ke kopi spesialti. Baik dari penyeduhan kopi, kepedulian terhadap kualitas kebun kopi, dan cara menghasilkan kopi berkualitas tinggi.

Foto: Detikcom


Selama beberapa hari di Indonesia, ia juga mengamati perkembangan kopi di sini. "Saya pikir industrinya (kopi di Indonesia) berkembang dan orang-orang semakin tertarik dan senang. Mereka ingin belajar lebih banyak dan memahaminya. Ini sangat menyenangkan," ujarnya kepada Detikfood.

Baca juga: Proses Steaming Susu Berperan Penting pada Cita Rasa Kopi

Sarah mengaku belajar banyak selama berada di Indonesia. Begitu juga dengan biji kopi lokal. Dalam kelas espresso, ia sempat mengatakan bahwa orang Amerika menyukai kopi Sumatera untuk espresso.

"Jujur saja saya banyak belajar sejak tiba di sini. Saya pikir di Amerika saat mendapat kopi Indonesia mereka bilang biji kopi Sumatera dan terkadang Sulawesi. Tapi saya tidak punya banyak ragam kopi Indonesia di Amerika. Jadi apa yang terjadi di sini, dengan perkebunan (kopi) juga sangat luar biasa. Saya pikir ini sangat menarik lihat coffee shop di Indonesia pake biji kopi Indonesia. Dan berusaha mendukung petaninya," tambah Sarah.

Foto: Detikcom


Bagi yang ingin buka coffee shop, Sarah punya saran untuk membuatnya berbeda. "Dilihat secara global, saya pikir banyak pasar yang bagus mulai jenuh. Carilah cara untuk jadi berbeda. Dan saya pikir itu adalah edukasi," ujarnya.

Baca juga: Ini 4 Tahap dalam Pressure Bar Ekstraksi Espresso

Pebisnis perlu mengenal kopi dan tahu kenapa mengapa memilih kopi tersebut di kedai kopinya. Begitu juga terkait alasan dibalik pilihan espresso, bekerja sama dengan roaster lain, pilihan perlengkapan kopi dan lainnya. Ini bisa ikut mengedukasi konsumen dan menjadikannya pelanggan seumur hidup.

"Mereka akan datang ke toko Anda dan memberitahu temannya. Jadi edukasi diri Anda dan buat keputusan yang bijaksana. Pastikan Anda melakukan proses dengan baik," pungkasnya.


(msa/odi)