Dianggap Terlalu Banyak Bakteri, China Melarang Impor Keju Berjamur

Regita Lorena - detikFood Kamis, 14 Sep 2017 14:12 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Keju berjamur disukai orang karena rasanya yang khas. Tapi, karena dianggap memiliki banyak bakteri, China melarang impor beberapa keju berjamur.

China dilaporkan menghentikan sementara impor keju mereka, sejak akhir Juli tahun ini, dikabarkan oleh shanghaiist.com (8/9), Berita tentang larangan ini membuat banyak orang kesal khususnya pecinta keju yang kecewa karna hilangnya keju seperti camembert, roquefort, dan goat cheese.

Baca juga : Blue Cheese, Keju Berjamur yang Lezat!

Dianggap Terlalu Banyak Bakteri, China Melarang Impor Keju BerjamurFoto: Istimewa

Sebuah surat tertanggal 28 Agustus yang dikirim oleh distributor makanan Barat, Sinodis, kepada para pelanggannya, menyebutkan pihak berwenang China menyebut produk keju yang mengandung jamur tertentu tidak dapat diimpor lagi ke China untuk sementara waktu.

Secara terpisah, penjual keju online, Cheese Republic, mengumumkan pada sebuah unggahan WeChat pada tanggal 7 September, bahwa China melarang keju yang mengandung "terlalu banyak bakteri". Peraturan ini tentu saja berdampak pada banyak orang termasuk pada semua pengecer keju. Sinodis telah berhenti mengimpor keju ini sejak 23 Agustus, sementara Cheese Republic mengatakan bahwa mereka akan berhenti menjualnya minggu depan.

Dianggap Terlalu Banyak Bakteri, China Melarang Impor Keju BerjamurFoto: Istimewa

Berita tersebut tentu saja membuat banyak orang jengkel, termasuk masyarakat China. Ini juga bukan pertama kalinya China melarang sementara impor keju tertentu. Pada tahun 2014, pemerintah China menghentikan impor keju Inggris setelah menemukan kesalahan dengan standar kebersihan dari susu Inggris yang tidak disebutkan namanya. Namun, perusahaan susu tersebut tidak mengekspor keju ke China.

Keju yang dilarang sementara di China yaitu Brie, Camembert, Chevre Sainte Maure, Epoisse, Fourme, d'Ambert, Livarot, Perail Papillon, Roquefort, Saint Nectaire, Soumaintrain, dan Vieux Pané

Dianggap Terlalu Banyak Bakteri, China Melarang Impor Keju BerjamurFoto: Istimewa

Karena menjadi daftar hitam China, persediaan keju Prancis dan juga keju gorgonzola Italia menjadi menurun. Namun, mozzarella masih tetap tersedia, begitu juga dengan keju Prancis yang keras seperti comté, beaufort, dan gruyère, dan keju Spanyol seperti manchego.

Bagi masyarakat China yang menginginkan keju yang berjamur, pemerintah China menyediakan 'keju China'.

Baca juga : Keju Berusia 3.600 Tahun Ditemukan di China, Diduga untuk Bekal di Akhirat (lus/odi)
Load Komentar ...