Oh, Ternyata Begini Cara Memotong Roti Tawar yang Benar!

Regita Lorena - detikFood Kamis, 14 Sep 2017 06:39 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Umumnya orang memotong roti langsung dari bagian atas roti, vertikal ke bawah. Rupanya cara yang populer ini salah. Lalu bagaimana cara yang benar?

Cara memootng roti yang umum dilakukan orang adalah dengan menaruh roti di atas talenan lalu memeotongnya vertikal atau melintang. Hasilnya, irisan roti kadang tak sama, permukaan roti menjadi kempis karena tertekan tangan dan tesktur roti juga ikut mempat atau padat. Rupanya ini terjadi karena cara memotong roti yang salah.

Pekerja restoran, penulis dan penata makanan, Sarah Jampel, memberikan tip cara memotong roti yang benar. Seperti dikutip dari news.com.au (7/9) menegaskan bahwa metode memotong roti dari bagian samping terlebih dahulu akan memberi ukuran roti yang lebih tipis, konsisten dan tidak merusak struktur roti akibat terhimpit.

Baca juga : Begini Cara Potong Kue yang Benar Secara Ilmiah

Ternyata Begini Cara Memotong Roti Tawar yang BenarFoto: iStock

"Memotong roti membutuhkan sedikit perhatian. Tidak menaruh roti di permukaan datar talenan, tetapi Anda juga harus memegangnya dengan kuat untuk bisa memotongnya dengan stabil," ungkap Sarah.

Metode memotong roti ini cocok untuk dilakukan pada dua jenis roti yaitu roti yang airy, lembut dan roti loaf isi seperti brioche isi cokelat. Untuk roti loaf hanya perlu sedikit tekanan pada roti. Roti loaf biasanya pendek dan lebar. Dengan memotong roti dari bagian samping berarti area yang harus terkena irisan pisau menjadi lebih kecil. Sehingga integritas struktur remah roti lebih terjaga.

Ternyata Begini Cara Memotong Roti Tawar yang BenarFoto: iStock

Terlalu banyak mengiris akan dapat merusak bentuk irisan. Selain itu, memotong roti pada bagian samping akan lebih mudah untuk mendapatkan irisan yang tipis. Anda juga tidak perlu memisahkan bagian bawah yang bisanya sulit untuk dilepaskan.

Baca juga : Pisau Roti Ini Bikin Roti Mulus

(odi/odi)
Load Komentar ...