Restoran Ramah Anak

Makin Banyak Restoran di Amerika dan Inggris Menolak Anak Kecil

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 13 Sep 2017 14:51 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Restoran Ramah Anak
Jakarta - Tak semua restoran senang menyambut anak kecil. Di luar negeri banyak restoran yang justru terang-terangan melarang pengunjung anak kecil.

Larangan pada pengunjung anak kecil biasanya disebabkan tingkah laku mereka saat di restoran. Ada yang teriak, berlarian dan bahkan menangis meraung-raung saat tak merasa nyaman.

Beberapa pemilik dan pengunjung restoran bisa menolerir hal ini. Namun banyak pula yang tidak tahan dan akhirnya mengeluarkan larangan pengunjung anak. Tujuannya semata-mata membuat suasana restoran tetap nyaman bagi pengunjung lainnya.

McDain's di Pittsburgh, Amerika Serikat termasuk restoran yang paling awal memberlakukan larangan pengunjung anak. Sejak tahun 2011 restoran tidak mengizinkan adanya anak di bawah umur 6 tahun masuk ke restoran.

Makin Banyak Restoran di Amerika dan Inggris Menolak Anak KecilFoto: iStock

Baca Juga: Makin Banyak Restoran di Inggris yang Menolak Anak-anak

Hal ini dipicu komplain pelanggan lain terkait tingkah laku anak-anak di restoran. Pihak restoran sebenarnya sempat meminta orang tua untuk membuat anaknya diam. Namun banyak orang tua tak bergeming. Karenanya alasan pemberlakuan larangan ini semakin kuat.

Ada juga Flynn's Restaurant di Australia yang melarang pengunjung anak kecil berusia 7 tahun ke bawah. Sang pemilik, Liam Flynn mengeluarkan larangan ini karena alami kejadian tak mengenakkan dengan tamu anak kecil. Suatu hari anak 2 tahun bersantap di restorannya namun tidak bisa makan dengan tenang. Ia malah berteriak kecang selama 10 menit lebih.

Yang terbaru adalah restoran Caruso Fine Dining di North Carolina. Restoran Italia ini juga melarang pengunjung anak berusia di bawah 5 tahun. Tujuannya memastikan pengunjung menikmati makanan dan suasana tenang di dalam restoran tanpa jerit tangis dan teriakkan anak-anak.

"Kadang-kadang anak-anak sangat berisik sehingga menganggu tamu yang lain. Namun orang tua mereka tampak tidak melakukan hal apapun dan membiarkan anak-anak mereka berbuat onar." tutur Michael Mills, General Manager Caruso.

Makin Banyak Restoran di Amerika dan Inggris Menolak Anak KecilFoto: iStock

Selain Caruso, restoran fine dining lain seperti New York Le Bernardin juga menerapkan larangan pengunjung anak di bawah usia 8 tahun. Begitu juga restoran Jean-Georges yang melarang anak di bawah 10 tahun bersantap di ruang makan formal atau fine dining.

Baca Juga: Mau Ajak Anak Makan di Luar? Ini 7 Ciri Restoran Ramah Anak

Restoran-restoran ini awalnya menuai kontroversi saat memberlakukan larangan pengunjung anak. Ada yang pro, namun banyak pula yang kontra.

Beberapa yang pro menggarisbawahi orang tua sebaiknya memang tidak membawa anak bersantap di restoran karena mereka tak bisa dipastikan diam. Sementara yang kontra menganggap larangan pengunjung anak adalah bentuk diskriminasi.

Makin Banyak Restoran di Amerika dan Inggris Menolak Anak KecilFoto: iStock

Nyatanya banyak restoran justru menuai keuntungan lain dari pemberlakuan larangan pengunjung anak. Salah satunya Caruso Fine Dining yang mengaku pesanannya meningkat signifikan. Reservasi restoran naik dari 50 reservasi menjadi 80 per hari.

"Orang-orang tidak mau masuk restoran dan menghabiskan uang untuk makanan enak ketika di restoran ada makanan di lantai, teriakan anak kecil, atau suara perangkat elektronik yang dipakai untuk menjaga anak-anak tetap diam. Ini adalah keputusan yang tepat untuk bisnis saya," pungkas Pasquale Caruso, pemilik Caruso Fine Dining.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Restoran Ramah Anak
Load Komentar ...