Sushi Kekinian

Beda dengan Sushi Autentik, Begini Cara Menikmati Sushi Fusion

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 09 Sep 2017 14:56 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Jakarta - Menyantap sushi asli Jepang ada aturannya. Tapi bagaimana dengan cara makan sushi fusion? Seorang sushi chef memberi infonya.

Beberapa aturan memang dibuat untuk menikmati sushi dengan rasa yang optimal. Dikutip dalam Foodbeast, etiket yang sebaiknya diikuti saat menyantap sushi meliputi cara makannya boleh dengan tangan ataupun sumpit.

Selain itu juga mencelupkan topping sushi ke dalam shoyu, makan sushi dalam satu kali suap, gunakan ujung belakang sumpit saat makan sushi bersama hingga meletakkan ujung sumpit di atas tatakannya.

Beda dengan Sushi Autentik, Begini Cara Menikmati Sushi FusionFoto: iStock

Baca Juga: Ikuti Tata Cara Ini Saat Menyantap Sushi

Berbeda dengan sushi autentik yang disajikan dengan bahan mentah sehingga lebih cocok disantap dengan cocolan shoyu. Sushi fusion tidak memiliki aturan yang baku. "Jadi bisa saja tidak pakai soy sauce. Ada yang cocok pakai wasabi dengan soy sauce dan ada juga yang kalau sudah merasa, rasanya lebih gurih dan enak langsung dimakan saja tidak menggunakan saus, lebih bebas memilih," jelas Chef Itoph, Corporate Executive Chef.

Sejak masuk sushi fusion ke Indonesia sekitar tahun 1990-an, sushi memang masih banyak penggemarnya di Indonesia. Apalagi kini hadir sushi dengan paduan cream cheese, sambal roa hingga sushi goreng yang renyah dengan paduan saus creamy.

Beda dengan Sushi Autentik, Begini Cara Menikmati Sushi FusionFoto: Istimewa

"Sushi fusion lebih ke jenis apa, masyarakat kita sudah naik levelnya. Sekarang sudah mulai memilih sushi dengan kualitas yang lebih tinggi. Kalau kita lihat, restoran sushi murah sudah mulai tutup dan yang booming malah yang menjaga kualitasnya tetap bagus," jelasnya.

Jadi untuk menyantap sushi fusion, mau pakai shoyu, gari atau dimakan langsung rasanya tetap enak. Tergantung selera Anda!

Baca Juga: Meracik California Roll, Sushi Fusion Paling Top Buatan Chef Itoph

(adr/odi)
FOKUS BERITA Sushi Kekinian
Load Komentar ...