Setelah Dilipat dan Dibentuk, Origami Ini Bisa Digoreng dan Dimakan!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 05 Sep 2017 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Teknik melipat kertas kali ini bisa diterapkan dalam makanan. Origami yang dibentuk burung-burungan ternyata bisa digoreng dan dimakan dengan saus. Nyam!

Origami akan terlihat mempesona jika Anda terampil membentuk selembar kertas sederhana hingga membuat karya seni yang indah. Walaupun secara harfiah, origami memiliki arti "kertas lipat", teknik kerajinan tangan Jepang ini bisa diterapkan pada media lain.

Baca juga: Kertas Origami Ini Dipakai untuk Bentuk Onigiri Jadi Seperti Gunung Fuji

Pangsit berbentuk unik.Pangsit berbentuk unik. Foto: Istimewa

Dikutip dalam Sora News 24 (05/09), pengguna Twitter Jepang @key_daisuki dan ayahnya sama-sama sedang menikmati masakan dan saat anak laki-laki pulang ke rumah untuk berkunjung, ayah tersebut memutuskan untuk membuat shumai a la China untuk makan malam. Sebagai chef berbakat, ayah @key_daisuki tidak hanya memanasakan beberapa shumai beku yang ia beli di supermarket. Ia juga membuat sendiri dengan mengisi daging bagian dalamnya dan membungkusnya dengan kulit pangsit.

Bahkan ketika ayah @key_daisuki kehabisan makanan, tapi ia masih memiliki sisa kulit pangsit. Sehingga ia menggabungkan keterampilan origami dengan talenta memasaknya dan akhirnya membuat bentuk origami indah dan dapat dimakan.

Ini sebenarnya ide yang cukup cerdik. Bagaimanapun, selembar kulit pangsit tidak terlalu berbeda dengan selembar kertas. Hanya saja lebih sulit untuk dibentuk. Begitu ia melipatnya dan menggorengnya hingga garing kemudian menyajikan makanan ringan yang lezat. Sangat enak dicocol dengan saus sambal!

Burung-burungan jadi desain origami yang paling ikonik. Terinspirasi oleh kecerdikan ayahnya, @key_daisuki kemudian mencoba dengan tangannya sendiri untuk menghasilkan origami yang bisa dimakan.

Kulit pangsit yang dibentuk seperti topi dengan isian daging.Kulit pangsit yang dibentuk seperti topi dengan isian daging. Foto: Istimewa

Sementara itu, pangsit dengan bentuk yang mirip seperti topi ini pada dasarnya dibuat dengan kulit pangsit tipis. Daisuki ternyata telah menginspirasi pengguna Twitter lain yaitu @grandmariu yang mengisi kulit pangsit dengan edamame, ham, keju, daging kepiting imitasi, bawang merah, saus putih dan sayuran lainnya untuk membuat makanan ringan yang menarik dan lezat.

Dengan ratusan desain origami di luar sana, ini mungkin bisa jadi sajian yang menarik dan juga unik. (lus/odi)