Sering Menang Lomba Makan Cabe, Wanita Ini Dijuluki Ratu Cabe

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 03 Sep 2017 10:52 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Makan satu jenis cabai terpedas di dunia saja sudah bisa bikin nyerah. Tapi Sid Barber mampu menahan rasa pedas hingga sering juarai lomba makan cabai.

Tiap tahun Clifton Chili Eating Club menggelar kontes makan cabai populer. Para peserta harus lalui beberapa tahap makan jenis cabai terpedas di dunia. Tak banyak peserta yang mampu melaluinya, tapi wanita bernama Sid Barber sering keluar jadi pemenang kontes sejak tahun 2014. Ia pun dijuluki "Unbeatable Sid."

Sambal pedas.Sambal pedas. Foto: iStock

Dikutip dari Oddity Central (29/8), jenis cabai yang disediakan pada tahap pertama adalah yang tidak terlalu pedas seperti Red Fresno atau Jalapeno. Tapi pada tahap selanjutnya menyertakan cabai lebih pedas seperti Ghost Chillies dan Naga Vipers yang skala kepedasannya rata-rata lebih dari 1 juta unit Scoville.

Untuk final, para peserta akan diberi cabai Carolina Reaper yang dilabeli cabai terpedas di dunia. Kepedasannya mencapai 1.569.300 unit Scoville.

Bukan hanya harus menahan pedas, selama kontes peserta tidak boleh minum apapun hingga sebabkan mulut, tenggorokan dan perut terbakar. Beberapa peserta bahkan berakhir muntah dan tidak bisa menahan air mata.

Biasanya pada tahap akhir kontes hanya akan tersisa dua peserta. Dan selama 4 tahun terakhir, Sid Barber adalah salah satu diantaranya. Wanita yang tak lagi muda ini bahkan menjuarai kontes 3 tahun berturut-turut sehingga ia disegani banyak peserta.

Cabai merah.Cabai merah. Foto: Citra Fitri Mardiana

Soal hadiah, kontes makan cabai ternyata tak menjanjikan hadiah uang yang besar. Hadiahnya hanya 70 USD atau sekitar Rp 933.800. Tapi Sid kembali tiap tahun karena nampaknya ia doyan pedas.

Sid Barber menangkan kontes makan cabai tahun 2014, 2015, 2016 dan 2016. Penampilannya selalu ditunggu-tunggu tiap tahun oleh para penonton Clifton Chilli Eating Contest. (lus/odi)