Keren! Pemotretan Ini Gunakan Kotak Big Mac McD, Senter dan Sedotan sebagai Lighting

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 02 Sep 2017 09:10 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Siapa kira potret keren wajah ini diambil dengan ponsel. Peralatan lighting dari kotak Big Mac dan sedotan sebagai alat bantunya.

Philippe Echaroux sudah biasa menggunakan kamera profesional untuk hasilkan foto berkualitas. Tapi kini ia ditantang untuk keluar dari zona nyamannya. Echaroux hanya diberi peralatan lighting sangat sederhana untuk membidik wajah-wajah yang jadi objek fotonya.


Keren! Pemotretan Ini Gunakan Kotak Big Mac McD, Senter dan Sedotan sebagai LightingFoto: istimewa

Bernama The Big Mac Project Challenge, Philippe hanya diberi kotak Big Mac McDonald's (McD), senter dan sedotan. Kotak Big Mac kemudian ia robek salah satu sisiannya untuk dimasukkan senter. Tak lupa sedotan untuk menyanggahnya. Peralatan sederhana inipun langsung dipakai untuk memotret objek foto.

Menggunakan iPhone, Philippe mengarahkan peralatan sederhananya ke wajah objek foto. Ia lalu memotret dari beberapa sisi hingga pencahayaan senter terasa tepat bagi Echaroux.

Bagi Philippe hal tersulit dari tantangan ini adalah mencoba untuk tidak terlihat konyol saat menggunakan peralatan sederhana ini. Namun ia berharap apa yang dilakukannya bisa mendorong orang-orang untuk melakukan suatu hal tanpa berdalih dengan keterbatasan yang ada.

Keren! Pemotretan Ini Gunakan Kotak Big Mac McD, Senter dan Sedotan sebagai LightingFoto: istimewa

Setelah memotret, Philippe memberi sentuhan akhir pada foto-fotonya. Ia menggunakan aplikasi VSCO, Photoshop FIX, dan Lightroom Mobile untuk menyempurnakan foto. Hasilnya, bidikan kamera iPhone dengan alat bantu lighting kotak Big Mac benar-benar luar biasa. Tak jauh beda dengan bidikan kamera profesional!

Keren! Pemotretan Ini Gunakan Kotak Big Mac McD, Senter dan Sedotan sebagai LightingFoto: istimewa

Memotret dengan ponsel kini memang banyak dilakukan. Seiring perkembangan teknologi, ponsel punya fitur yang mumpuni untuk memotret banyak objek termasuk makanan. Banyak fotografer, blogger hingga chef berbagi tips soal hasilkan foto makanan keren dari ponsel.

Beberapa hal yang bisa jadi panduan adalah memanfaatkan cahaya alami di luar ruangan, memotret dekat jendela hingga menggunakan sudut 45 derajat.

(adr/odi)