Mau Bikin 'Scrambled Egg' Lembut Gurih? Ikuti 3 Tips dari Chef Selebriti

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 31 Agu 2017 07:15 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kali ini chef Tyler Florence memberikan jurus penting membuat srambled egg. Apa saja tips dari chef yang sering tampil di Food Network ini?

'Scrambled egg' atau orak-arik telur terlihat gampang dibuat, nyatanya tak semua orang bisa. Bahkan para chef ternama di dunia juga punya trik sendiri untuk menghasilkan scrambled egg yang lembut, sedikit basah dan gurih.

Selain Jamie Oliver dan Gordon Ramsay yang sudah berbagi trik bikin scrambled egg melalui video yang diunggah di Youtube. Chef Tyler Florence juga mengungkapkan triknya bikin telur orak-arik ini pada Popsugar (29/8). Chef pembawa acara di Food Network dan pemilik restoran 'Wayfare Tavern' ini membagikan tips pentingnya berikut ini.

Baca Juga : Yuk, Bikin Scrambled Egg Lembut ala Gordon Ramsay!

Mau Bikin 'Scrambled Egg' Lembut Gurih? Ikuti 3 Tips dari Chef SelebritiFoto: iStock

1. Satu Telur Ekstra
'Untuk membuat omelet atau scrambled egg saya memakai 3 butir telur san 1 kuning telur untuk membuat rasanya lebih gurih dan warnanya kuning cantik,' ungkapnya.

Mau Bikin 'Scrambled Egg' Lembut Gurih? Ikuti 3 Tips dari Chef SelebritiFoto: iStock

2. Mentega dan Krim
Panaskan wajan lalu masukkan mentega sekitar 1 sendok makan. Kocok telur kemudian tambahkan creme fraiche atau sour cream untuk memberi rasa lembut gurih. Jika Gordon Ramsay tak suka menambahkan krim Chef Tyler justru menyukainya karena rasa gurihnya membuat telur makin enak.

Mau Bikin 'Scrambled Egg' Lembut Gurih? Ikuti 3 Tips dari Chef SelebritiFoto: iStock

3. Kontrol Api Kompor
Tuangkan telur kocok ke dalam wajan yang berisi mentega leleh, kecilkan api. Protein pada telur akan menggumpal jika terkena panas dan menjadi beku atau keras. Aduk perlahan hingga telur menjadi lembut, sedikit bergumpal dan mengilap.

Matikan api dan bubuhi garam dan merica jika suka. 'Protein sangat benci suhu tinggi. Temperatur tinggi akan berpengaruh pada rasa dan tekstur luar, bukan soal mematangkan,' ujar Tyler. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com