ADVERTISEMENT

Olahan Daging Idul Adha

Begini Cara Bumbui Sate Kambing yang Enak Menurut Chef

Lusiana Mustinda - detikFood
Rabu, 30 Agu 2017 19:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Sate kambing jadi salah satu sajian populer Idul Adha. Agar sate kambingnya enak, perhatikanlah racikan bumbu yang Anda gunakan agar meresap sempurna!

Kategori sate kambing yang enak adalah yang punya daging empuk dan juga paduan bumbu yang pas. Soal rasa memang tergantung selera Anda, namun ada teknik yang turut berperan dalam menciptakan rasa enak dari setusuk daging kambing. Tidak serta merta rasa, sebelum membuat sate, Anda juga perlu memperhatikan jenis daging hingga proses pemanggangan.

Baca juga: 4 Tempat di Bandung Ini Punya Sate Kambing Empuk Juicy

Daging kambing.Daging kambing. Foto: Istimewa


Untuk sate, jenis daging kambing ternyata sangat perngaruh terhadap keempukan sate. Sebaiknya pilih daging kambing betina muda yang usianya sekitar 3-6 bulan. Ini biasanya memiliki tekstur daging yang seratnya lebih halus. Bagian paha belakang dan punggung atau has dalam biasanya juga lebih empuk.

"Saat akan meng-grill sate kambing bisa digunakan campuran kecap manis dan jeruk limo. Selain itu ada juga yang memberikan campuran bumbu kacang," jelas Chef Stefu Santoso kepada detikFood (30/08).

Pembakaran sate kambing setelah dilumuri bumbu.Pembakaran sate kambing setelah dilumuri bumbu. Foto: dok. detikFood

Menurut Stefu, kecap manis ini sebenarnya sudah memberikan rasa enak pada daging kambing. "Bumbu kacang juga bisa hasilkan rasa gurih, akan tetapi bumbunya harus dioleskan beberapa kali dan dibolak-balik sehingga bumbu bisa menempel dan meresap ke dalam daging," tambahnya.

Dalam satu tusuk sate, dapat diisi dengan tambahan selipan lemak. Jadi, sebelum memanggangnya di atas arang sebaiknya celupkan terlebih dahulu sate kambing ke dalam bumbu kecap atau bumbu kacang. Setelah dibakar hingga setengah matang dan celupkan lagi ke dalam bumbu dan bakar hingga matang.

"Jika ingin lebih terasa gurih, Anda juga bisa memarinasi daging kambing dengan garam, lada dan juga ketumbar selama kurang lebih 1 jam," jelas Chef Stefu.

Baca juga: Sate Kambing Sinereut yang Legendaris dari Belakang Stasiun Bandung (lus/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT