Street Food Kekinian

Di Sini Ada Pancong Laba-laba, Frozen dan Rainbow yang Kekinian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 28 Agu 2017 14:53 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Pancong atau kue pancong biasanya hanya terasa gurih manis saja. Tapi di gerai ini pancong 'disulap' jadi kekinian dengan adonan dan topping istimewa. Apa saja menunya?

Menyebut pancong mungkin Anda teringat kue berbahan tepung beras dan kelapa dengan taburan gula pasir. Pancong ini adalah pancong versi Betawi yang hingga kini masih banyak dijajakan di gerobak.

Namun selain pancong Betawi, ada pancong tepung terigu yang rasanya lebih manis. Adonan pancong dibuat dengan tepung terigu, telur dan mentega. Biasanya pancong dijual di warung-warung kopi (warkop) sebagai menu sarapan pelengkap bubur kacang hijau.

Di Sini Ada Pancong Laba-laba, <i>Frozen</i> dan <i>Rainbow</i> yang KekinianPancong Lava, Tempat Makan Pancong Kekinian (Foto: dok. detikFood)

Tekstur pancong yang empuk dengan rasa gurih manis jadi alasan pancong ini disukai. Tapi kini pancong juga diberi sentuhan berbeda. Varian rasanya bukan hanya original saja. Di Pancong Lava, ada aneka pancong kekinian dengan aneka adonan dan topping.

Lebih unik lagi karena untuk tiap menu pancong bisa menyesuaikan tingkat kematangan yang diinginkan. Ada pilihan setengah matang, tiga per empat matang dan matang. Untuk toppingnya ada es krim, meisjes, kacang, choco chips dan saus cokelat.

Pegawai Pancong Lava menginformasikan adonan pancong di sini dibuat dari tepung terigu, telur dan butter. Saat akan dibuat, pegawai juga menuangkan susu pasteurisasi ke dalam adonan. Adonan lalu dipanggang sekitar 1-2 menit.

Di Sini Ada Pancong Laba-laba, <i>Frozen</i> dan <i>Rainbow</i> yang KekinianProses Pembuatan Pancong di Pancong Lava (Foto: dok. detikFood)

Pancong Laba-laba (Rp 10.000) sempat kami cicip. Pancong ini bentuknya paling unik karena adonannya dibuat berbentuk jaring laba-laba nan tipis. Karena memesan pancong matang, tekstur pancong renyah dan garing. Makin enak usai disirami saus cokelat.

Penasaran pancong dengan paduan es krim, kami memesan Pancong Lava Frozen (Rp 15.000). Kami meminta pancong setengah matang sehingga adonan atasnya masih basah dengan rasa gurih. Pelengkap pancong ini adalah es krim vanila dan taburan kacang tanah. Yummy!

Di Sini Ada Pancong Laba-laba, <i>Frozen</i> dan <i>Rainbow</i> yang KekinianPancong Lava Frozen dengan Topping Es Krim (Foto: dok. detikFood)

Gerai pancong yang sudah ada sejak 2014 ini juga menyediakan Pancong Rainbow (Rp 15.000). Berupa pancong yang dibuat dari 4 adonan yaitu cokelat, green tea, original dan red velvet. Pancong dilengkapi susu kental manis dan taburan meisjes warna-warni sehingga makin hits.

Selain ketiga pancong tersebut, ada juga pancong lava keju, pancong lava combo, pancong dark choco dan pancong red velvet di sini. Kalau penasaran, Anda bisa mampir ke Pancong Lava di Jalan Margonda Raya Nomor 491. Pancong Lava buka dari jam 3 sore hingga 2 pagi. Selamat makan pancong!

(adr/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Load Komentar ...