Bukan Soal Rasa, Ini Alasan Kenapa Orang Inggris Tambahkan Susu ke Dalam Teh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 24 Agu 2017 18:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tradisi afternoon tea di Inggris selalu menyertakan susu sebagai campuran teh. Bukan karena rasanya enak, ada alasan lain yang membuat susu lekat sebagai pendamping teh di sana.

Dikutip dari The Sun (22/8), jawaban mengenai susu sebagai bahan populer campuran teh berawal sejak abad 18. Saat itu, orang Inggris akan memasukkan susu ke dalam cangkir sebelum menuangkan teh dan mengaduknya.

Dalam Cheltenham Science Festival, seorang pembeli teh dari Taylors of Harrogate menjelaskan penambahan susu sebelum teh bertujuan mencegah cangkir retak karena bersentuhan dengan air panas. Hal ini menegaskan bukan karena rasa manis enak yang dihasilkan sehingga susu dicampurkan bersama teh.

Mencampurkan teh dengan susu.Mencampurkan teh dengan susu. Foto: iStock

Baca Juga: 10 Tata Cara Saat Menikmati Afternoon Tea Gaya Inggris

Simon Hill berujar, "Saat teh pertama kali diimpor ke Inggris di abad 18, banyak orang tidak bisa membeli porselen terbaik dari sana." Cangkir-cangkir yang tersedia belum mampu menahan suhu panas dari air mendidih dan rentan retak, karenanya susu ditambahkan terlebih dulu.

teh susu.Teh susu. Foto: iStock

Teori lain menyebut menaruh susu sebelum menuang teh berfungsi mencegah cangkir mahal China ternoda. Pasalnya jika teh dimasukkan terlebih dahulu, permukaan bawah cangkir bisa berwarna kecokelatan.

Baca Juga: 10 Jenis Teh Ini Paling Sering Dinikmati Saat Afternoon Tea

Sementara untuk golongan orang tak mampu, menambahkan susu ke dalam teh berfungsi mengurangi rasa pahit teh. Ini karena mereka hanya mampu beli teh murah yang rasa pahitnya lebih kuat.

Nah, bagaimana menurut Anda? Kira-kira mana alasan yang paling masuk akal? (lus/odi)