Street Food Kekinian

Lekker Tipis yang Renyah, Jajanan Jadul yang Kini Hits

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 24 Agu 2017 16:35 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Kue lekker yang sudah ada sejak zaman dulu kini kian digemari. Kembali populer, Anda bisa pilih kue lekker yang tipis dengan aneka isian. Harganya cuma Rp 2 ribu saja!

Kue lekker yang berbentuk setengah lingkaran ini punya tampilan tipis dan tekstur yang renyah. Adonannya terbuat dari campuran tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras, telur, gula dan margarin yang diaduk menjadi satu. Kue ini sudah ada sejak zaman Belanda, nama 'lekker' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'enak' dengan sensasi rasa manis. Hingga kini, kue ini masih disebut dan dikenal dengan nama kue lekker alias kue enak.

Baca juga: Jajanan Kaki Lima 'Naik Kelas' dengan Tambahan Topping dan Tampilan Cantik

Kue lekker di kawasan Tendean.Kue lekker di kawasan Tendean. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Ditilik dari ceritanya, kue lekker awalnya sangat populer di Solo dan Semarang. Akan tetapi seiring berjalannya waktu kue ini jadi jajanan kaki lima diberbagai kota di Indonesia dan dijual dengan gerobak kecil. Tidak hanya dijajakan di depan sekolah, kue lekker juga banyak dijual di sekitar area jajan perkantoran.

Adonan kue lekker.Adonan kue lekker. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Teksturnya tipis karena dibuat dengan wajan khusus yang diputar. Sehingga ketika adonan dituangkan, adonan tersebut akan menyebar ke area wajan. Kemudian diberi susu cokelat kental manis dan beberapa isian lainnya. Isian kue lekker beragam, ada isi kacang, meisjes cokelat, pisang, susu cokelat dan keju. Setelah mulai matang, sisi sebelahnya dilipat ke atas sehingga membentuk setengah lingkaran.

Kue lekker dengan isian meisjes cokelat dan keju.Kue lekker dengan isian meisjes cokelat dan keju. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Harga satu buah lekker dibandrol dengan harga Rp 2.000 saja. Kue ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan karena rasanya renyah dan manis enak. Mau coba?

Baca juga: Krenyes Renyah Manis Jajanan Favorit Anak dan Orang Dewasa (lus/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian