Street Food Kekinian

Tidak Cuma Oncom, Surabi Sekarang Diberi Topping Es Krim Sampai Saus Bolognaise

Maya Safira - detikFood Kamis, 24 Agu 2017 14:41 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Kalau dulu surabi biasa dimakan bersama saus gula merah, sekarang variasi toppingnya lebih beragam. Lebih kekinian dengan keju, cokelat dan aneka selai.

Surabi khas Bandung dikenal dengan bentuk bulat dan bertekstur empuk. Ukurannya lebih kecil dari serabi Solo. ecara tradisional, surabi diberi topping oncom pedas.

Baca juga: Empuk Gurih Serabi dengan Rasa Santan Kental

Tidak Cuma Oncom, Surabi Sekarang Diberi Topping Es Krim Sampai Saus BolognaiseSurabi oncom. Foto: Istimewa

Beberapa tahun belakangan, jajanan ini tidak cuma disajikan dengan oncom atau kuah santan gula merah yang klasik. Ada beragam varian rasa topping yang membuat surabi jadi makin modern. Mulai dari durian, keju maupun sosis.

Beberapa tempat punya andalan surabi dengan variasi topping ini. Salah satunya Surabi Teras di Ciputat yang menawarkan suasana kafe nyaman.

Varian surabinya begitu beragam. Bisa satu hingga empat rasa untuk surabi.

Surabi dengan paduan selai dan es krim.Surabi dengan paduan selai dan es krim. Foto: Istimewa

Ada pilihan coklat, pisang, nangka, durian, pandan, strawberry, blueberry. Sementara surabi gurih antara lain ayam, abon pedas, sosis, telur, oncom, atau jagung pedas.

Lebih kekinian lagi dengan pilihan seperti Oreo, Pelangi, Ovomaltine, Nutella, Bolognaise, Tuna Smoked Beef, Sapi Lada Hitam dan Green Tea. Surabi bisa juga diberi topping es krim, keju, kuah, saus durian, saus mayones hingga cokelat leleh.

Surabi yang lembut dengan permukaan sedikit berlubang tentunya jadi makin enak diberi aneka topping tersebut.

Soerabi Enhaii Bandung di Pulo Gadung, Depok dan Pondok Gede juga menawarkan serabi dengan aneka topping seperti Surabi Teras. Ada pisang, nangka, jagung, Oreo, ayam, sosis, hingga kornet. Surabi juga tersedia dengan tambahan es krim.

Surabi keju durian.Surabi keju durian. Foto: Istimewa

Kalau mampir ke Pondok Indah, bisa coba surabi kekinian di Soerabi Bandung HNH. Untuk menu tradisional ada kinca aren original, kinca aren nangka, oncom, hingga oncom telur keju.

Selain itu ada choco melt banana, choco melt cheese durian, beef cheese bolognese, dan ice cream chocoreo cheese. Tambahan topping bisa green tea, red velvet dan taro. Nah, Anda tertarik mau coba surabi yang mana?

Baca juga: Nyam! Enaknya Malam Ini Ngemil Serabi Terigu yang Empuk Manis (lus/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com