Street Food Kekinian

Ketan Susu Kekinian Makin Enak dengan Olesan Nutella hingga Durian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 23 Agu 2017 18:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Street Food Kekinian
Jakarta - Ketan susu (tansu) kini tidak hanya ditambahkan susu kental manis saja. Rasa gurih ketan juga dipadukan dengan durian hingga topping premium seperti Nutella dan Oreo.

Ketan susu tergolong jajanan tradisional yang kini naik kelas. Banyak gerai kini memodifikasi ketan susu dengan tambahan topping premium.

Jajanan ini pada dasarnya adalah ketan kukus yang disiram susu kental manis. Beberapa penjual juga menyertakan parutan kelapa sehingga lebih gurih.

Baca Juga: Pulang Kerja, Asyiknya Nongkrong di Warung Ketan Susu Kemayoran!

Ketan Susu Kekinian Makin Enak dengan Olesan Nutella hingga DurianBeras Ketan yang Siap Diolah Jadi Ketan Susu (Foto: dok. detikFood)

Ketan dikukus bersama santan sehingga warnanya kecokelatan dengan semburat rasa gurih. Begitu dipadukan dengan susu kental manis, rasa ketanpun jadi lebih nikmat. Paduan manis gurihnya banyak disukai orang.

Selain diberi parutan kelapa, ketan susu juga populer disirami kuah durian yang legit. Jajanan ini mudah ditemui di warung-warung atau kedai ketan susu.



Ada juga ketan susu tradisional khas Solo yang memakai gula Jawa. Sebagai pelengkap ketan susu turut ditaburkan dele yang gurih. Bubuk dele dibuat dari kacang kedelai yang dihancurkan.

Kini ketan susu ikut berevolusi dengan tambahan topping premium. Kedua menu ini bisa ditemui di Gudeg Mbak Yus & Ketanusantara. Restoran ada di sebelah Markobar Jakarta, tepatnya di Jalan Raden Saleh Raya Nomor 39, Cikini.

Ketan Susu Kekinian Makin Enak dengan Olesan Nutella hingga DurianKetan Susu dengan Gula Jawa dan Bubuk Dele (Foto: dok. detikFood)

Baca Juga: Wah! Legit Mantap Ketan Durian Gurih untuk Camilan Malam

Sudah sejak tahun 1992, Mbak Yus menjajakan gudeg dan ketan susu di Solo. Pilihan ketan susunya bertopping tradisional dan modern.

Untuk yang modern ada ketan susu dengan paduan Nutella bubuk, selai Nutella, cokelat, keju, Oreo, Silverqueen, es krim dan durian. Harganya mulai dari Rp 7.000 untuk ketan polos hingga Rp 26.000 untuk ketan susu Nutella, duren dan es krim.

Tampilan ketan susu Nutella, duren dan es krim begitu meriah. Setengah permukaan ketan diolesi selai Nutella dan setengahnya lagi duren. "Kita pakainya duren Medan," ujar Ivan, salah satu pegawai Gudeg Mbak Yus & Ketanusantara.

Ketan Susu Kekinian Makin Enak dengan Olesan Nutella hingga DurianKetan Susu dengan Durian, Nutella dan Es Krim (Foto: dok. detikFood)

Barulah diatasnya diberi es krim campuran rasa cokelat,vanilla dan strawberry. Tak ketinggalan taburan meisjes dan susu kental manis. Penyuka duren pasti suka dengan sajian ini. Pasalnya aroma dan rasa duren begitu kuat.

Ketan susu versi modern lainnya adalah ketan susu keju dan Oreo. Permukaan ketan nampak tertutup parutan keju yang royal. Setelah itu, ketan susu ditaburi bubuk Oreo dan disirami susu kental manis. Rasanya juga tak kalah enak.

"Sehari itu kita bisa pakai 2 kg beras ketan. Beras ketan ini dikukus bersama santan selama kurang lebih 1,5 jam," pungkas Ivan mengenai ketan susu Gudeg Mbak Yus & Ketanusantara.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Street Food Kekinian