ADVERTISEMENT

Ditemukan Tak Sengaja, Begini Asal Mula Ide Pembuatan Kantung Teh

Lusiana Mustinda - detikFood
Selasa, 22 Agu 2017 10:08 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Siapa sangka, ide dari pembuatan kantung teh celup ternyata tak sengaja. Ada cerita menarik yang membuat sang kreator membuat kantung untuk wadah menyeduh teh ini.

Teh yang diseduh dengan air panas ini ternyata jadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Zaman dulu, pembuatan teh dibuat dalam teko besar yang berisi air panas dan dimasukkan seikat daun teh, walaupun yang nantinya akan disajikan hanya satu cangkir. Hal ini tentu diyakini menimbulkan pemborosan penggunaan teh. Dari sinilah cerita tentang ide kantung teh muncul.

Baca Juga: Kecewa Tidak Boleh Campurkan 2 Teh Celup, Penumpang Pesawat Ini Protes

Dikutip dalam NDTV (20/08), salah satu alasan penemuan kantung teh salah satunya adalah 'kenyamanan'. Lebih mudah dan lebih cepat untuk menggunakan kantung teh sebagai wadah menyeduh daun teh tiap kali ingin menikmatinya. Dengan bantuan kantung teh, kita bisa menyediakan serta menyajikan teh di kantor maupun di dalam pesawat terbang. Dengan wadah kantung yang sederhana, teh tidak membutuhkan saringan. Walaupun begitu, ternyata ada cerita dibalik ide ini dan ada penemunya yang telah menjadi perbincangan sejak lama, siapa dia?

Ditemukan Tak Sengaja, Begini Asal Mula Ide Pembuatan Kantung TehFoto: iStock

Ada dua cerita yang populer di zamannya mengenai penemu kantung teh. Tapi, yang paling populer adalah pedagang teh asal New York, Thomas Sullivan. Pada tahun 1908, ia mengirim sampel teh untuk pelanggannya dengan menggunakan kantung kecil berbahan sutera. Karena jika menggunakan kaleng, biaya pembuatannya lebih mahal dan teh yang dikemas juga harus lebih banyak. Lalu beberapa pelanggannya berpikir bahwa tas ini harus dicelupkan ke dalam air untuk menyeduh teh dan karena itu mereka tidak mengosongkan isinya.

Sullivan tidak menyadari hal ini sampai saat itu ia menerima keluhan dari pelanggannya yang memesan teh tidak dibungkus dengan kantung sutera tersebut. Dan inilah saatnya sang penemu mulai memproduksi kantung teh pada tingkat komersial dan karena sutera terlalu halus dan mahal harganya, iapun beralih ke kain kasa.

Ditemukan Tak Sengaja, Begini Asal Mula Ide Pembuatan Kantung TehFoto: iStock

Namun, cerita lain mengenai penemu kantung teh juga dimulai pada tahun 1901. Tujuh tahun sebelum Sullivan, ada dua wanita dari Milwaukee, Wisconsin yaitu Roberta C. Lawson dan Mary Molaren mengajukan hak paten untuk suatu produk yang disebut dengan 'pegangan daun teh'. Ini sangat menyerupai kantung teh modern yang kita gunakan saat ini. Mereka menggunakan kain mesh yang dijahit untuk desainnya. Idenya adalah mengurangi pemborosan teh dan membiarkan semua daun teh tetap berada di dalam sehingga tidak melayang di sekitar cangkir.

Walaupun begitu, keduanya tetap sama-sama memikirkan bagaimana kita bisa menikmati secangkir teh dengan praktis dan lebih mudah. Menjelang tahun 1920-an, kantung teh ini berhasil ditetapkan sebagai cara baru sajian teh rumah tangga seiring dengan perkembangan tingginya konsumsi teh di dunia.

Baca Juga: Ini Cara Benar Menyeduh Teh Hijau Celup dari Ahli Teh

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT