Dessert dari Mangga

Lembut Manis, Mango Cheesecake Hingga Sagoo Mango Racikan 2 Chef Hotel

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 14 Agu 2017 16:10 WIB
Foto: Lusiana Mustinda/detikFood Foto: Lusiana Mustinda/detikFood
FOKUS BERITA Dessert dari Mangga
Jakarta - Siapa yang bisa menolak rasa manis yang segar dari mangga? 2 chef dari JW Marriott Hotel Jakarta punya 4 hidangan dessert spesial. Ada cheesecake hingga mousse dari mangga.

Setelah keju leleh, kini buah mangga yang merupakan buah asli Indonesia yang jadi tren. Tidak hanya dessert minuman dengan campuran mangga, ternyata ada beberapa jenis dessert manis lain berbahan mangga yang ternyata lebih menggiurkan. Misalnya Mango Cheesecake, Mango Mousse, Pudding Mango dan Sagoo Mango.

Chef Chef Purba Jaya Sutrisna, Demi Chef Pasty Kitchen dari JW Marriott Hotel Jakarta. Foto: detikFood

Keempat dessert berbahan buah mangga ini bisa ditemukan di JW Marriott Hotel Jakarta yaitu Cake Box dan Pearl Chinese Restaurant. Dessert spesial ini disajikan oleh dua chef yaitu Chef Purba Jaya Sutrisna, Demi Chef Pasty Kitchen dari JW Marriott Hotel Jakarta dan Chef Subagyo, Jr Sous Chef dari Pearl Chinese Restaurant JW Marriott Hotel Jakarta.

Chef Subagyo, Jr Sous Chef dari Pearl Chinese Restaurant JW Marriott Hotel Jakarta.Chef Subagyo, Jr Sous Chef dari Pearl Chinese Restaurant JW Marriott Hotel Jakarta. Foto: detikFood

Mango mousse dan mango cheesecake racikan Chef Purba Jaya ini punya tampilan yang cantik. Mango mousse dibuat dari campuran gelatin, air gula dan juga whipped cream. "Campuran whipped cream dan juga basenya (gelatin dan air gula) tidak boleh terlalu panas ataupun terlalu dingin," jelas Chef Purba kepada detikFood.

Mango mousse dengan paduan lapis legit.Mango mousse dengan paduan lapis legit. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Moussenya dipadu dengan sponge cake yang lembut dengan potongan mangga segar. "Karena mangga ini identik dengan buah lokal, moussenya kami beri sentuhan tradisional dengan menambahkan kue lapis legit dibagian pinggirnya," ungkap sang chef.

Mango cheesecake racikan Chef Purba Jaya dari JW Marriott Hotel Jakarta.Mango cheesecake racikan Chef Purba Jaya dari JW Marriott Hotel Jakarta. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Mango cheesecake wajib Anda coba. Cheesecake yang dicampur dengan buah mangga segar ini diberi lapisan cookies crumble homemade dibagian pinggirnya. Berbeda dengan cheesecake lain, di sini cheesecakenya dipanggang selama 3 jam. "Ini dilakukan agar tekstur dari cheesecakenya lebih lembut dan inilah ciri khas cheesecake kami," tambahnya.

Mango Mousse dan Mango Cheesecake bisa Anda dapatkan di Cake Box. Seolah tak ingin ketinggalan, Chef Subagyo, Jr Sous Chef dari Pearl Chinese Restaurant ternyata juga menyajikan dessert enak yang terbuat dari mangga segar yaitu Pudding Mango dan Sagoo Mango.

Puding mangga yang lembut manis racikan Chef Subagyo dari Pearl Chinese Restaurant.Puding mangga yang lembut manis racikan Chef Subagyo dari Pearl Chinese Restaurant. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

"Pudding mangganya terbuat dari pure mangga yang dicampur dengan fresh milk, air gula dan gelatin. Kemudian diberi topping berupa blueberry, es krim vanilla, strawberry dan potongan buah mangga," jelas Chef Subagyo.

Sagoo mango yang enak dengan paduan santan.Sagoo mango yang enak dengan paduan santan. Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Sedangkan Sagoo Mango dibuat dengan pure mangga yang dicampur dengan air gula, santan, sagoo seed atau biji mutiara, buah mangga potong dan jeruk bali yang diberi topping es krim vanilla. Tidak hanya manis, tapi juga ada semburat rasa segar yang enak.

Keempat dessert mangga ini ternyata diracik dengan menggunakan mangga harum manis. "Ini adalah jenis mangga lokal dengan aroma yang wangi," tutup Chef Purba Jaya.

Nah, kalau mau lihat tampilan dan juga tekstur dari dessert mangga yang ada di JW Marriott Hotel Jakarta langsung saja lihat video dari 20 detik ini!

(lus/odi)
FOKUS BERITA Dessert dari Mangga
Load Komentar ...