Berapa Lama Idealnya Oreo Dicelupkan ke Dalam Susu? Ini Fakta Ilmiahnya!

Regita Lorena - detikFood Jumat, 11 Agu 2017 17:38 WIB
Foto: Delish
Jakarta - Makan biskuit lOreo lebih enak jika dicelupkan ke dalam susu. Tapi berapa lama Oreo seharusnya dicelupkan? Ini fakta ilmiahnya.

Oreo, dua keping biskuit cokelat berwarna hitam dengan krim putih manis di tengahnya, enak disantap begitu saja. Tapi akan lebih lezat jika dicelupkan ke dalam susu. Tidak asal celup, waktu mencelupnya juga harus pas.

Faktanya, jika Oreo dicelupkan terlalu lama, maka akan hancur. Sedangkan, jika tidak dicelupkan cukup lama, Anda hanya akan sia-sia karena biskuit hanya agak lembab.

Biskuit oreo.Biskuit oreo. Foto: Picky-Palate

baca juga : Ini 5 Fakta Oreo yang Menarik untuk Diketahui

Seperti dilansir dari Foodbeast (11/8), sebuah studi dilakukan oleh Utah State University, menyimpulkan bahwa Oreo dicelupkan ke dalam susu sekitar 3,5 sampai 4 detik.

Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan bahwa pada detik pertama, Oreo menyerap 50% dari berat cairan susu. Pada detik kedua, menyerap 80% dari berat cairan susu. Dan setelah 4 detik, oreo berhenti menyerap susu. Jadi, jika dicelupkan lebih dari 4 detik, maka biskuit itu akan hancur.

Penelitian ini dilakukan dengan susu 2-percent milk. Sehingga, waktu akan berubah saat menggunakan susu lain, namun hanya beberapa detik saja. Jadi walaupun menggunakan susu 1-percent-milk, waktu tidak akan lebih dari 4 detik.

Biskuit berisi krim putih.Biskuit berisi krim putih. Foto: iStock

Jika Anda bertanya-tanya berapa lama sebaiknya mencelupkan biskuit yang bukan Oreo? Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 90-an, oleh seorang ilmuwan bernama E.W. Washburn, mengungkapkan hasil yang cukup mirip. Dalam pengujiannya, Washburn menggunakan biskuit Inggris dan menemukan bahwa biskuit harus dicelupkan antara 3 sampai 5 detik.

baca juga : Yuk, Bikin Nasi dan Lolipop Enak dari Biskuit Oreo! (lus/odi)