Yang Terbaru dari Jepang, Kafe Kucing di Dalam Kereta!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 10 Agu 2017 10:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kafe kucing sudah lebih dulu populer di Jepang. Kini ada yang baru, kafe kucing berada dalam kereta dengan tujuan mulia dibaliknya.

Kafe kucing jadi surganya para pencinta kucing. Di sini pengunjung bisa menikmati makanan sambil bermain dengan kucing-kucing lucu. Kucing-kucing yang dihadirkan adalah kucing jinak sehingga mereka tidak stress saat berinteraksi bersama manusia.

Adalah Taiwan, negara pertama yang mempopulerkan kafe kucing. Negeri Formosa ini punya The Taiwanese Cat Cafe di Taipei yang didirikan tahun 1998. Sejak itu, konsep kafe kucing menyebar ke wilayah Asia. Di Jepang, kafe kucing pertama kali didirikan di Osaka tahun 2004. Kafe inipun menarik banyak turis baik mancanegara maupun domestik.

Yang Terbaru dari Jepang, Kafe Kucing di Dalam Kereta!Kafe Kucing dalam Kereta, Konsep Kafe Kucing Terbaru di Jepang (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Kafe Kucing Akan Segera Dibuka di Inggris

Dikutip dari Sora News 24 (9/8), kafe kucing Sanctuary di Gifu, Jepang berbeda dari kafe kucing kebanyakan. Pasalnya kucing yang ada di sini diberi kesempatan untuk punya 'rumah baru' alias diadopsi oleh pengunjung. Baru-baru ini Sanctuary membuat konsep unik yaitu menghadirkan kafe kucing dalam kereta bernama The Cat Cafe Train.

Pihaknya bekerja sama dengan Yoro Railway yang beroperasi di Prefektur Gifu dan Mie. Nantinya kafe kucing akan beroperasi di stasiun Ogaki menuju Ikeno. Pengunjung kafe bisa bermain-main dengan kucing yang tadinya mau dibuang namun diselamatkan Sanctuary.

The Cat Cafe Train hanya akan berlangsung 1 hari yaitu pada 10 September 2017. Ada dua sesi yang bisa dipilih. Sesi pertama mulai jam 10.30 pagi dari stasiun Yoro menuju Ikeno. Diperkirakan waktu tibanya jam 1 siang waktu setempat. Sementara sesi kedua mengambil rute balik dimana kereta meninggalkan Ikeno jam 11.20 siang dan sampai di Ogaki jam 14.50 sore.

Yang Terbaru dari Jepang, Kafe Kucing di Dalam Kereta!Di Kafe Kucing dalam Kereta, Pengunjung Bisa Bermain dengan Kucing Lucu (Foto: Istimewa)

Baca Juga: Kafe dengan Kucing-Kucing Menggemaskan dan Lucu Kini Hadir di Jakarta

Pengunjung The Cat Cafe Train dikenakan biaya 3.000 yen atau sekitar Rp 364.000. Biaya ini termasuk bento untuk makan siang, camilan manis dan tiket untuk perjalanan tak terbatas di Yoro Railway selama satu hari. Biaya juga dipakai sebagai operasional Sanctuary dalam menyelamatkan kucing.

Hanya ada 40 pengunjung yang berkesempatan merasakan The Cat Cafe Train dalam tiap sesinya. Pengunjung bisa mulai reservasi sejak 7 Agustus 2017.

(adr/odi)