Jajanan Ndeso

Jajan Lontong Kupang, Kerang Kecil Favorit Warga Jawa Timur

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 08 Agu 2017 18:46 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso
Jakarta - Kerang berukuran super kecil ini jadi makanan yang disukai warga Jawa Timur. Disebut juga dengan kupang, ini sering diolah menjadi makanan enak yaitu lontong kupang.

Kupang putih yang memiliki nama latin Corbula Faba ini merupakan hewan laut semacam kerang yang bentuknya kecil. Kalau diukur, besarnya antara biji beras dan biji kedelai. Mirip seperti kerang tapi ukurannya sangat kecil dengan tubuh berwarna cokelat pucat. Kupang biasanya sering ditemukan di pinggir pantai atau lumpur berair asin.

Bicara soal kupang, ada banyak rumor yang mengatakan kupang ditangkap dengan umpan berupa tinja. Akan tetapi hal ini tidaklah benar. Kupang ditangkap oleh para nelayan dengan menggunakan tanah liat berwarna kuning dengan dipenuhi rumput dan ganggang laut sehingga kupang menyenangi tempat tersebut dan akhirnya menempel di situ.

Lontong kupang khas Jawa Timur.Lontong kupang khas Jawa Timur. Foto: Istimewa

Kupang dan juga olahannya bisa ditemui di berbagai daerah di Jawa Timur. Ada Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan juga Madura. Di daerah pesisir Jawa Timur kupang yang terkenal adalah jenis Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu daerah atau sebuah Kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang dan dijual mentah ke beberapa penjual lontong kupang.

Sajian ini terdiri dari potongan lontong, kuah petias berwarna cokelat bening, taburan kupang dan juga sate kerang. Beberapa ada juga yang ditambahkan dengan irisan lento, sejenis gorengan yang dibuat dari campuran singkong serut, tauge dan kacang tolo. Karena kupang identik dengan aroma amisnya, maka kupang dibumbu dengan bawang putih goreng dan juga jeruk nipis dengan tambahan petis sehingga rasanya gurih manis.

Lontong kupang dengan paduan sate kerang.Lontong kupang dengan paduan sate kerang. Foto: Istimewa

Karena diduga bisa sebabkan alergi untuk orang tertentu, banyak pedagang lontong kupang yang juga menyediakan es kelapa hijau untuk menangkal racun.

Lontong kupang bisa Anda temukan di beberapa tempat seperti Lontong Kupang Artomoro Surabaya, Lontong Kupang Bu Wito Surabaya, Lontong Kupang Bapak Misari Sidoarjo hingga Kupang Cipto di Malang. Harga seporsi kupang dibandrol dengan Rp 8.000-Rp 10.000 dengan dipadu sate kerang dengan harga Rp 4.000 per 10 tusuknya. Uenaak rek! (lus/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso
Load Komentar ...