Jajanan Ndeso

Madu Mongso, Pia hingga Kuwe Koya Bisa Dicicip di RM Nusa Indah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Agu 2017 17:10 WIB
Foto: dok. DetikFood Foto: dok. DetikFood
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso
Jakarta - Kangen jajanan jadul, ndeso atau oleh-oleh khas daerah? Tak perlu datang ke daerah asalnya, semua jajanan ini ada di RM Nusa Indah.

RM Nusa Indah dikenal sebagai rumah makan sekaligus pusat oleh-oleh daerah Indonesia. Pasalnya bukan hanya bisa mencicip hidangan tradisional, pengunjung juga bisa belanja jajanan di sini. Jajanannya amat beragam, sampai-sampai memenuhi ruangan rumah makan di kawasan Kebayoran Baru ini.

Aneka keripik, pia Bali, rengginang, bakpia, dodol, hingga enting-enting bisa ditemui di sini. Kalau tak sempat beli oleh-oleh khas Surabaya, Semarang atau Bali, RM Nusa Indah juga menyediakannya. Ada sambal Bu Rudy, otaji Surabaya, lumpia hingga aneka pie susu.

Madu Mongso, Pia hingga Kuwe Koya Bisa Dicicip di RM Nusa IndahFoto: dok. DetikFood

"Sudah 34 tahun berdiri, dari dulu sudah di sini (Jl. KH Akhmad Dahlan No. 33)," ujar Ibu Hartati, pemilik RM Nusa Indah saat ditemui detikFood (7/8). Menurutnya jajanan-jajanan jadul di sini diperoleh dari pemasok. "Tapi kadang cari sendiri juga langsung ke daerahnya," lanjut Ibu Hartati.

Pelanggan RM Nusa Indah juga banyak. Wanita asal Semarang ini berujar, "Mereka yang kangen jajanan dulu atau lupa beli oleh-oleh itu pada ke sini. Kalau beli jumlah banyak juga bisa diantar."

Beberapa jajanan ndeso atau jadul yang bisa Anda coba di sini adalah enting-enting gepuk, jenang Kudus, kuwe koya, madu mongso, pia kacang hijau, rengginang lorjuk dan cokelat nougat suzanna.

Madu Mongso, Pia hingga Kuwe Koya Bisa Dicicip di RM Nusa IndahFoto: dok. DetikFood

Enting-enting gepuk merupakan oleh-oleh khas Salatiga. Bahan utama pembuatannya adalah kacang tanah dan gula karamel. Teskturnya berpasir dengan rasa gurih kacang dan manis legit karamel.

Pencinta dodol bisa puaskan selera dengan jenang Kudus yang manis legit. Ada pula kuwe koya, camilan jadul dari Malang. Kue ini dibuat dari kacang hijau dan gula pasir sehingga rasa manisnya khas.

Kangen madu mongso khas Blitar? Anda bisa membelinya di RM Nusa Indah. Begitu juga dengan pia kacang hijau, rengginang lorjuk dan cokelat nougat suzanna yang tak kalah jadul.

Madu Mongso, Pia hingga Kuwe Koya Bisa Dicicip di RM Nusa IndahFoto: dok. DetikFood

RM Nusa Indah buka dari jam 10 pagi sampai jam 8 malam. Harga jajanan yang kami cicip berkisar dari Rp 4.500 sampai Rp 60.000. Kalau mau makan berat, RM Nusa Indah sediakan soto sulung, tahu gimbal, nasi gandul hingga nasi pecel.

Nah, kalau penasaran dengan suasana dan jajanan ndeso di RM Nusa Indah, Anda bisa melihat video 20 detik ini.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso
Load Komentar ...