Ketika 3 Seniman Lakukan Transformasi Lemari Es Menjadi Karya Seni

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 07 Agu 2017 13:21 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Selain dipakai sebagai penyimpan bahan makanan, lemari es bisa menjadi sebuah karya seni. Itulah yang dilakukan Modena bersama 3 seniman handal Indonesia.

Selama ini lemari es dengan bidang polos di depan dan sisinya dibiarkan begitu saja. Maksimal yang sering dilakukan orang adalah menghiasi dengan magnet hias atau menjadi tempelan pesan dan catatan.

Modena, sebagai sebuah perusahaan perangkat rumahtangga Italia selalu mengutamakan keindahan desain. Beberapa kali melakukan terobosan produk, tahun ini Modena perkenalkan 'Masterpiece Retrofridge'. Lemari es Modena seri Retrofridge dengan desain klasik hadir dalam warna-warna merah, biru, hijau pupus, krem, oranye menjadi materi untuk diubah jadi karya seni.

Ketika 3 Seniman Lakukan Transformasi Lemari Es Menjadi Karya SeniFoto: Modena Indonesia

Untuk itu 3 orang seniman dilibatkan. Hendra 'Hehe' Harsono dari Yogyakarta, Radi Arwinda dari Jawa Barat dan Kemal Ezedine dari Bali.

'Dari waktu ke waktu Modena menjalin kerja sama dengan orang yang ahli di bidangnya. Kali ini Retrofridge, lemari es dengan desain Retro yang kami dedikasikan untuk desain. Kami menghadirkan lukisan pada produk yang dinikmati fungsinya,' demikian ungkap Robert Wijaya, Direktur Modena Indonesia, Rabu (2/8) lalu.

Dalam perkenalan ini 3 orang seniman yang terlibat hadir di Modena Experience Centre, Jakarta Selatan. Ketiga seniman ini memakai gaya dan ciri khas masing-masing dalam membuat lukisan di atas lemari es Retrofridge.

Untuk melukis kulkas Retro berwarna dasar krem, Hendra yang akrab disapa 'Hehe' ini memakai refleksi pengalaman pertamanya dengan lemari es. Seperti bentuk puding yang dulu pertama kali dibuat dengan lemari esnya.

'Saya berusaha memberi nilai lebih dari produk yang sudah dinikmati fungsinya sehari-hari. Berhati-hati dalam memilih warna dan menempelkan gambar pada produk yang sudah bagus ini,' cerita Hendra yang dikenal dengan goresan karakter-karakter anomalinya.

Ketika 3 Seniman Lakukan Transformasi Lemari Es Menjadi Karya SeniFoto: Modena Indonesia

Sementara Radi Arwinda menyulap Retrofridge berwarna dasar Royal Blue menjadi karakter neko atau kucing yang lucu. Karyanya diberi nama 'Kulakineko' atau 'Cool Lucky Neko' atau kucing keberuntungan.

Dalam 2 minggu ia menyelesaikan karyanya di atas lemari es berwarna Royal Blue. 'Tantangan terbesarnya menyulap warna Royal Blue menjadi warna emas seluruhnya,' ungkap Radi yang memadukan budaya Cirebon dengan manga dan anime Jepang.

Kulakineko mengandung filosofi 'mengawetkan keberuntungan' selaras dengan fungsi fisik lemari es untuk mengawetkan bahan makanan. Diharapkan akan lebih banyak keberuntungan jika memanfaatkan alat ini.

Lukisan gaya Wayang Kamasan yang klasik dipilih oleh Kemal Edezine untuk memberi warna pada lemari es Retrofridge. Karya yang diberi nama 'Dedikasi'. Garis-garis lurus, lengkung dipadukan dalam dinamika yang menarik.

Ketika 3 Seniman Lakukan Transformasi Lemari Es Menjadi Karya SeniFoto: Modena Indonesia

Dengan 3 corak lukis yang berbeda ini diharapkan lemari es Retrofridge akan memberi nilai tambah untuk rumah. Dinikmati fungsinya juga sebagai karya seni yang menyemarakkan suasana rumah dan dapur. Lemari es yang selama ini dinikmati sebagai alat yang berfungsi mengawetkan kesegaran bahan makanan, bisa dinikmati sebagai karya seni.

Tentu saja harga lemari es ini sedikit lebih mahal dengan tambahan karya seni di permukaannya. Seluruh hasil dari penjualan lemari es Masterpiece Retrofridge ini akan disumbangkan untuk pengembangan seni rupa Indonesia.

'Tanggapan masyarakat sungguh di luar dugaan kami. Karenanya kesempatan untuk memiliki lemari es dan karya seni ini diperpanjang. Supaya makin banyak orang bisa menikmatinya,' tutup Robert Wijaya.

Sampai dengan hari Rabu (9/8) nanti Masterpiece Retrofridge ketiga seniman ini bisa dinikmati di Modena Experience Centre di Jalan Dr. Satrio, Jakarta Selatan. Untuk informasi bisa mengakses www.modena.co.id. (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com