Jajanan Ndeso

Legit Manis Jipang yang Enak Buat Teman Ngeteh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 05 Agu 2017 10:30 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso
Jakarta - Jipang termasuk jajanan ndeso dan jadul yang bikin kangen. Rasanya manis, legit dan lengket karena berondong jagung atau beras dicampur gula merah.

Mendengar 'Jipang' mungkin Anda langsung terbayang sebuah desa di Jawa Tengah. Padahal jipang juga merujuk pada jajanan jadul yang sering disebut berondong jagung maupun yang terbuat dari beras dan kacang tanah.

Jipang berondong jagung teksturnya renyah dan dijual dalam bongkahan bentuk kotak. Untuk membuatnya, biji jagung yang sudah dipanaskan hinggamerekah dimasak bersama gula merah hingga tercampur rata.

Berondong jagung dengan paduan gula merah.Berondong jagung dengan paduan gula merah. Foto: Istimewa

Bukan hanya berbalut gula karamel, kini jipang berondong jagung juga diberi tambahan rasa seperti strawberry dan vanilla. Berondong jagung banyak dijual di pasar-pasar tradisional dengan harga relatif murah.

Sementara jipang kacang teksturnya lebih padat namun tetap legit dan lengket. Jajanan ini adalah jajanan khas Kebumen, Jawa Tengah.

Bahan pembuat jipang kacang sangat sederhana yaitu kacang tanah dan gula Jawa atau gula aren. Kacang tanah yang sudah digiling kasar dan disangrai kemudian disiram gula kental hingga merata di atas loyang atau tampah.

Selanjutnya adonan jipang dibiarkan mengeras lalu dipotong bentuk persegi panjang. Teksturnya yang padat dan empuk dengan rasa manis gurih membuat jipang kacang banyak digemari.

Jipang yang enak dinikmati dengan secangkir teh hangat.Jipang yang enak dinikmati dengan secangkir teh hangat. Foto: Istimewa

Kabarnya jipang kacang sudah dibuat oleh nenek moyang sejak zaman dahulu kala. Bedanya, dulu jipang kacang dibungkus menggunakan daun kering, kini jipang kacang memakai plastik sebagai kemasan yang lebih praktis.

Berondong jagung dan jipang kacang paling enak dinikmati dengan secangkir teh hangat. Tentu cocok dijadikan camilan sore hari. Yuk, beli jipang! (lus/odi)
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com