Es Krim Ini Dijamin Tak Meleleh hingga Gigitan Terakhir

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 04 Agu 2017 10:37 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Masalah utama saat makan es krim adalah es krim cepat leleh. Tapi peneliti kini membuat es krim yang tahan leleh hingga 3 jam. Kok bisa ya?

Makan es krim paling enak di siang hari saat cuaca sedang terik-teriknya. Dingin lembutnya es krim dijamin bisa menangkal hawa panas. Sayangnya kebanyakan jenis es krim tak tahan panas.

Baca Juga: Nyam! Es Krim Ini Tidak Bisa Meleleh dan Kemasannya Bisa Dimakan

Dalam hitungan menit, es krim langsung leleh dan membuat kita repot memakannya. Tapi untung para peneliti Biotherapy Development Research Center Co. di Kanazawa, Jepang punya solusinya.

Es Krim Ini Dijamin Tak Meleleh hingga Gigitan TerakhirToko Es Krim Tahan Leleh di Jepang (Foto: Istimewa)

Semua berawal dari ketidaksengajaan peneliti saat mengamati kegunaan cairan polifenol yang diekstraksi dari strawberry. Para pastry chef di pusat penelitian tersebut mengeluhkan tiap kali cairan polifenol bersentuhan dengan krim susu, campurannya seketika padat.

Peneliti lalu beride menggunakan cairan polifenol dalam pembuatan es krim dan es loli. Tujuannya agar produk beku ini tak mudah leleh.

Baca Juga: Sluurp! Dengan Drip Drop, Makan Es Krim Lebih Bersih dan Bebas Lelehan

Es Krim Ini Dijamin Tak Meleleh hingga Gigitan TerakhirEs Krim Tahan Leleh Bisa Bertahan hingga 3 Jam (Foto: Istimewa)

Dikutip dari The Daily Meal (3/8), profesor Tomihisa Ota dari Universitas Kanazawa berujar, "Cairan polifenol punya senyawa yang membuat air dan minyak sulit dipisahkan. Jadi es krim atau es loli yang mengandung polifenol, bentuk aslinya akan lebih lama bertahan."

Kini Biotherapy Development Research Center Co. memperkenalkan Kanazawa Ice pada masyarakat. Es krim dengan bentuk lucu ini bisa bertahan di cuaca terik hingga 3 jam lamanya.

(adr/odi)