Tidak Cuma Putih, Ada Juga Garam Premium dengan Warna Pink

Maya Safira - detikFood Rabu, 02 Agu 2017 17:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Garam untuk masakan kini ada beragam jenis. Salah satunya garam berwarna pink yang tergolong premium namun makin disukai.

Selama ini garam dikenal punya warna putih dengan butiran halus. Padahal di dunia terdapat banyak varian garam yang fungsinya berbeda-beda.

Baca juga: Garam di RI Langka, Kok Bisa?

Begitu pula asal garam. Tidak hanya dari laut, garam juga bisa terbentuk di gua dan kaki gunung. Seperti Pink Himalayan Salt berbutir kasar yang jadi tren di kalangan chef. Bisa dipakai untuk mengolah daging maupun ikan.

Tidak Cuma Putih, Ada Juga Garam Premium dengan Warna PinkFoto: Pink Himalayan Salt (Istimewa)


Garam tersebut dipanen di kaki bukit pegunungan Himalaya. Perubahan warna jadi pink tergantung dari jumlah kandungan mineral, khususnya zat besi.

Himalayan salt berwarna pink umumnya punya harga lebih mahal daripada garam biasa. Sebab dianggap lebih sehat dan murni.

Selain garam Himalaya, ada juga Hawaiian salt berwarna pink. Punya nama lain Alaea, warna pink garam berasal dari tanah liat pantai Hawaii.

Garam mengandung zat besi tanah liat vulkanik yang berwarna merah. Timbul suara mendesis bila Hawaiian pink salt dimasukkan dalam cairan.

Tidak Cuma Putih, Ada Juga Garam Premium dengan Warna PinkFoto: Hawaiian pink salt (Istimewa)


Garam tersebut cocok untuk hidangan gurih. Misalnya saja ikan, daging panggang maupun sajian Hawai lainnya. Pas juga bila garam dipadukan dengan rempah segar.

Di Australia juga ada garam pink yang berasal dari Sungai Murray. Produksi garam gourmet premium tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2000.

Tidak Cuma Putih, Ada Juga Garam Premium dengan Warna PinkFoto: Murray River Salt (Istimewa)


Baca juga: Sea Salt dan Himalayan Salt Pink, Garam Kasar yang Bikin Masakan Gurih Enak

Murray River Salt punya warna pink peach dan bentuk seperti serpihan. Garam mudah larut sehingga cocok untuk olahan masakan. Kandungan mineral tinggi membuat garam ikut populer di kalangan chef dan penyuka makanan.

(msa/odi)