Brunch Kekinian

Ini Egg Benedict dari Tiga Kafe di Kawasan Senopati, Mana yang Enak?

Maya Safira - detikFood Selasa, 01 Agu 2017 18:47 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Brunch Kekinian
Jakarta - Egg Benedict termasuk salah satu menu brunch populer. Di kawasan Senopati, Anda bisa mencoba egg benedict dari tiga kafe ini.

Hampir sebagian besar kafe dengan sajian brunch punya menu egg benedict. Pada menu egg benedict klasik, ada penggunaan English muffin yang diberi poached egg, bacon dan saus hollandaise. Daya tariknya berupa telur dengan bagian kuning yang meleleh.

Saat ini egg benedict tampil lebih beragam. Ada yang memakai roti brioche maupun sourdough. Isiannya juga ada pilihan sayuran dan smoked salmon.

Di Jakarta ada banyak kafe menawarkan egg benedict, termasuk di kawasan Senopati. Antara lain Beau, Mister Sunday dan Anomali. Detikfood coba membandingkan egg benedict dari ketiga kafe tersebut.

Ini <i>Egg Benedict</i> dari Tiga Kafe di Kawasan Senopati, Mana yang Enak?Egg Benedict Racikan Beau (Foto: detikFood)

Beau yang berlokasi di Jl. Cikajang No. 29 punya beberapa kreasi egg benedict. Ada yang berisi prosciutto atau beef pastrami, salmon maupun bayam (tanpa daging).

Detikfood mencoba sempat mencicipi Oeufs Benedicte (Rp 89.000). Sajian terdiri dari potongan tebal roti Brioche, poached eggs, beef pastrami dan saus hollandaise.

Menurut kami, roti brioche empuk berpadu poached egg lembut. Bagian kuningnya masih meleleh. Warnanya juga oranye kemerahan yang didapat dari pemakaian telur omega-3.

Saus hollandaise juga terasa creamy dan gurih. Ada sedikit rasa seperti pemakaian lemon dalam saus ini. Membuatnya lebih segar.

Ini <i>Egg Benedict</i> dari Tiga Kafe di Kawasan Senopati, Mana yang Enak?Egg Benedict Racikan Mister Sunday (Foto: detikFood)

Sementara itu, Mister Sunday di Jl. Cikajang No. 30 ada menu Eggs Benedict (Rp 85.000). Roti English muffin diberi poached eggs, keju Gruyere, tumisan bayam, salmon asap, dan saus Bearnaise. Pelengkapnya berupa Mesclun lettuce.

Beda dengan sebelumnya, egg benedict di sini memakai salmon dan bayam. Untuk poached egg, kuning telurnya langsung meleleh cenderung encer. Guyuran saus hollandaise tidak begitu creamy. Tapi rasanya lebih gurih.

Terakhir, kami mencoba egg benedict buatan Anomali. Coffee shop di Jl. Senopati No. 9 menawarkan Classic Benedict (Rp 59.000) untuk menu breakfast.

Ini <i>Egg Benedict</i> dari Tiga Kafe di Kawasan Senopati, Mana yang Enak?Egg Benedict Racikan Anomali (Foto: detikFood)

Roti Sourdough panggang diberi beef bacon, irisan alpukat, poached eggs, saus hollandaise. Egg benedict disajikan bersama salad dengan balsamic dressing.

Ketika poached egg dibelah, telur tidak begitu meleleh tapi masih setengah matang. Saus hollandaise sendiri terasa gurih dan lebih creamy. Anomali juga memakai potongan alpukat yang membuat kombinasinya makin enak.

Setelah mencoba ketiga egg benedict, Detikfood paling suka dengan egg benedict dari Beau. Karena ada rasa lemon pada saus hollandaise yang membuat egg benedict terasa segar.

Roti brioche yang dipakai juga renyah tebal. Sehingga cocok dipadukan dengan telur dan sausnya. Nah, kalau Anda pilih yang mana?

(adr/odi)
FOKUS BERITA Brunch Kekinian
Load Komentar ...