Wow! Telur Orak-arik Terbesar di India Ini Dibuat dari 240 Telur!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Jul 2017 16:59 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - India punya telur orak-arik khas bernama anda bhurji. Tak seperti biasanya, rumah makan di Mumbai ini membuat telur orak-arik porsi jumbo dari 240 telur!

Telur orak-arik jadi santapan umum di berbagai negara, termasuk India. Berbeda dengan telur orak-arik gaya Barat yang minim bumbu, telur orak-arik khas India bernama anda bhurji justru berani bumbu.

Wow! Telur Orak-arik Terbesar di India Ini Dibuat dari 240 Telur!Foto: Istimewa


Bahan utamanya adalah bubuk rempah seperti cabai dan kunyit. Selain itu, ada potongan bawang bombay renyah, tomat segar serta mentega. Anda bhurji atau egg bhurji atau egg khagina populer di wilayah utara dan barat India serta Pakistan.

Video unggahan Aaamchi Mumbai pada 23 Juli 2017 memperlihatkan kreasi anda bhurji istimewa. Dibuat di Mohammad Nashir Pavbhaji & Bhurji Centre, Mumbai, telur orak-arik ini porsinya jumbo.

Di awal video terlihat pegawai restoran sibuk merajang bawang bombay merah sebanyak satu nampan besar. Bawang lalu ditumis bersama banyak mentega di atas wajan datar hingga kecokelatan. Disusul potongan tomat segar.

Wow! Telur Orak-arik Terbesar di India Ini Dibuat dari 240 Telur!Foto: Istimewa


Tak lupa tambahan garam, bubuk cabai dan bubuk kunyit untuk memberi rasa. Pegawaipun cekatan mencampurkan semua bumbu ini jadi satu. Ia lalu mengosongkan lingkaran besar di bagian tengah wajan. Ini untuk tempat memasukkan 120 butir telur.

Setelah agak matang, pegawai memasukan lagi 120 butir telur selanjutnya. Telur orak-arik kemudian dimasak hingga seluruhnya matang dengan menambahkan mentega kembali.

Untuk menikmatinya, anda bhurji yang sudah matang kembali dipanaskan di atas wajan bersama mentega dan irisan cabai serta bumbu rempah lainnya. Anda bhurji umum disantap dengan roti naan khas India, yang lagi-lagi dipanaskan dengan mentega.

Nah, kalau penasaran dengan proses pembuatan anda bhurji, Anda bisa mengintip video berdurasi 13 menit ini. Tertarik mencicip?


(msa/odi)