Ini Sebabnya Hanya Wendy's yang Menjual 'Baked Potato'

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Sabtu, 29 Jul 2017 10:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak jaringan fast food Amerika menjual kentang goreng. Tetapi hanya Wendy's satu-satunya yang jual 'Baked Potatoes'. Ini alasannya!

Fast food sering dicap sebagai makanan yang tak sehat karena tinggi kalori. Semua jaringan fast food menjual french fries atau kentang goreng dalam berbagai bentuk. Tetapi hanya Wendy's, jaringan fast food Amerika yang menjual 'baked potato'.

Menu kentang ini jadi andalan sejak 30 tahun lalu hingga membawa Wendy's sebagai brand sukses. Setiap minggu, menurut juru bicara perusahaan, satu juta baked potatoes terjual di Amerika atau sekitar 52 juta setiap tahun.

Baca Juga: 4 Pilihan Wendy's Fresh Baked Potato yang Sehat dan Kaya Nutrisi

Ini Sebabnya Hanya Wendy's yang Jual 'Baked Potato'Foto: Istimewa

Sementara jaringan fast food lain berlomba menjual ken tang goring, Wendy's tetap dengan menu 'baked potato'. Kentang ini dimasak dengan teknik 'slow cooked' yang lama sehingga harganya juga relatif mahal. Rupanya Wendy's punya alasan.

'Awalnya kami memperkenalkan baked potato pada tahun 1983 dengan menu salad bar. Ini untuk mendukung pilihan sehat dari menu hamburger,'ungkap Lori Estrada, yang sudah menjadi Wendy's VP of culinary innovation selama 16 tahun.

Seperti dikutip dari thrillist (27/7) dan beberapa sumber, pada pertengahan 1980 an hingga awal 1990 diet rendah lemak sangat populer di dunia. Lemak jenuh jadi musuh semua orang sehingga menu kentang panggang ini menjadi primadona di Amerika.

'Pada pertengahan hingga akhir tahun 80 an hampir setiap orang di industri makanan menyajikan menu sehat. Wendy's sudah selangkah lebih awal dalam menyajikan kentang sehat,' ungkap Estrada.

Baca Juga: Wendy's Gunakan Daging Sapi Australia Sebagai Patty Premium Beef Burger

Ini Sebabnya Hanya Wendy's yang Jual 'Baked Potato'Foto: Istimewa

Kentang panggang Wendy's tanpa topping mengandung 270 kalori. Sementara french fries ukuran sedang mengandung 420 kalori. Kalaupun kentang panggang Wendy's ditambah keju dan bacon, kalorinya hanya 480. Topping yang lain kalorinya juga hampir sama.

Dengan maraknya gaya hidup sehat saat ini, Estrada percaya Wendy's baked potatoes masih menjadi pilihan makanan sehat bernutrisi.

'Dalam tren hidup sehat, asupan karbohidrat juga mengikuti tren. Tetapi baked potato tetap lebih kaya serat, rendah lemak dan menjadi sumber mineral terbaik. Meskipun diberi topping tetap lebih sehat dibandingkan menu fast food lainnya,' tutup Estrada.


(odi/odi)