Selain Digoreng, Telur Juga Punya 8 Manfaat Menarik Ini (2)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 27 Jul 2017 13:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Punya sisa cangkang, kuning atau putih telur? Jangan dibuang karena Anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Salah satunya membuat sup krim lebih creamy.

Today (25/7) merangkum kegunaan lain telur selain diolah jadi santapan lezat. Sesederhana menyuburkan tanaman tomat hingga membuat wajah lebih kenyal dan bersih karena olesan masker telur.

5. Membuat sup krim tanpa krim
Sup krim yang creamy gurih bisa dibuat tanpa krim. Yang perlu dilakukan adalah menambahkan kuning telur kocok ke dalam sup. Adalah Avgolemono, sup krim ayam khas Mediterania yang dibuat dengan kuning telur.

Caranya, masukkan kuning telur yang sudah dikocok ke dalam kuah kaldu panas sambil dikocok. Proses ini dilakukan di akhir guna memberi tekstur lebih creamy dengan dan sentuhan rasa gurih enak.

Selain Digoreng, Telur Juga Punya 8 Manfaat Menarik Ini (2)Tomat Lebih Subur dengan Menambahkan Cangkang Telur ke Tanah Tempat Tomat Tumbuh (Foto: iStock)

6. Menanam tomat
Cangkang atau kulit telur bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tomat. Ini karena cangkang telur memasok banyak kalsium ke dalam tanah yang penting untuk proses penanaman. Anda tinggal menghancurkan cangkang telur dan menaburkan remahannya ke tanah.

Baca Juga: Jangan Buang Kulit Telur! Karena Kaya Nutrisi Sebaiknya Dimakan Saja

7. Masker wajah
Sejak lama putih telur dikenal baik untuk kulit wajah. Ini karena lysozyyme atau enzim yang membunuh bakteri penyebab jerawat di dalamnya. Selain itu, putih telur tinggi protein yang berkhasiat memperbaiki jaringan kulit rusak. Sedangkan potasium didalamnya mampu menjaga kelembaban kulit. Ada pula magnesium yang membuat kulit wajah bersinar.

Coba oleskan putih telur secara merata di kulit wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Metode lain ialah dengan mencampurkan putih telur besama alpukat dan perasan lemon. Aduk rata lalu aplikasikan merata di seluruh kulit wajah.

Selain Digoreng, Telur Juga Punya 8 Manfaat Menarik Ini (2)Bikin Sendiri Marshmallow dengan Putih Telur (Foto: XO Marshmallow)

8. Bikin marshmallow
Pencinta marshmallow bisa berkreasi membuat marshmallow sendiri di rumah. Bahannya antara lain putih telur, gelatin dan gula cair. Caranya, kocok putih telur hingga lembut, masukkan gelatin dan perasa, serta beri sirup gula hangat. Hasilnya marshmallow begitu lembut dan kenyal.

Baca Juga: Sajikan Hot Dog dengan Paduan Marshmallow, Ivanka Trump Dicibir Netizen

(adr/odi)