Makan Bagel dengan Taburan Biji Poppy, Tak Pengaruhi Hasil Tes Narkoba

Regita Lorena - detikFood Rabu, 26 Jul 2017 11:12 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Biji poppy sering dijadikan taburan dan isian kue atau roti. Namun karena biji ini dihasilkan oleh opium maka bisa pengaruhi hasil tes narkotika.

Sebenarnya banyak instansi pemerintah yang mencoba menghalangi orang-orang agar tidak konsumsi biji poppy, lapor huffingtonpost (24/7). Dengan alasan, biji poppy dapat menyebabkan kecanduan pada manusia.

Bijian hitam super mungil ini berasal dari tanaman opium poppy (Papaver Somniferum), yang biasa digunakan untuk membuat heroin. Selain itu, biji ini juga mengandung jejak opium.

Makan Bagel dengan Taburan Biji Poppy, Tak Pengaruhi Hasil Tes NarkobaFoto: iStock


Baca juga: Apa Itu Biji Poppy?

Sebenarnya, biji poppy tidak digunakan untuk membuat opium. Karena opium terbuat dari getah yang diambil dari kelopak biji opium poppy. Biji yang ada di dalam kelopak, mengandung jauh lebih sedikit opium dibandingkan dengan getah pada kelopak. Opium secara alami ada di dalam beberapa biji, tapi sisa kandungan opium lainnya berasal dari kontaminasi getah.

Tapi bagaimanapun juga, efek halusinasi yang disebabkan oleh opium bisa membuat orang gagal dalam ujian. Biji poppy yang Anda beli di toko atau supermarket, mengandung antara 0,5 sampai 10 mikrogram morfin per gram. World Anti-Doping Agency-accredited laboratories mengungkapkan bahwa manusia positif menggunakan morfin, jika kandungan morfin dalam urin lebih besar dari 1,3 mikrogram/mililiter.

Makan Bagel dengan Taburan Biji Poppy, Tak Pengaruhi Hasil Tes NarkobaFoto: iStock


Tes narkoba bisa mengesampingkan heroin, tapi tidak bisa membedakan biji poppy dengan jenis opium lainnya. Ini menjadi slaah satu isu yang membuat pemerintah federal Amerika menaikkan ambang batas kandungan opium pada orang di tempat kerja. Dari 0,3 mikrogram per mililiter, menjadi 2 mikrogram, sehingga lebih sedikit kasus positif mengandung opium pada pekerja.

Tentu saja, Anda tidak akan merasakan efek morfin dari memakan biji poppy. Karena bagel biji poppy tidak akan membuat Anda 'high'. "Biji ini tidak memiliki efek narkoba pada manusia yang mengonsumsinya," ungkap Christopher S. Baird, peneliti fisika dan profesor di University of Massachusetts Lowell.

Biji poppy yang Anda beli di toko atau supermarket mengandung antara 0,5 sampai 10 mikrogram morfin per gram. Namun dosis morfin yang ditentukan secara medis, mengandung antara 5.000 sampai 30.000 mikrogram. Untuk itu, mengonsumsi sedikit biji poppy tidak akan membuat Anda terjerat kasus narkoba.

Baca juga: Tes Narkoba Salah Menganalisa Poppy Seed pada Bagel Sebagai Opium (msa/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat