Jika Listrik Sering Mati, Berapa Lama Makanan Tahan Disimpan di Kulkas?

- detikFood Selasa, 25 Jul 2017 06:47 WIB
Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta - Listrik sering padam bisa membuat persediaan makanan di kulkas rusak. Sebenarnya berapa lama makanan bisa tahan disimpan di kulkas tanpa listrik?

Gangguan listrik seringkali terjadi tanpa diinginkan. Entah itu karena gangguan alam, saluran listrik yang bermasalah ataupun tagihan listrik yang belum dibayar.

Jika terjadi gangguan listrik, tentu saja membuat kita kewalahan. Selain sulitnya beraktivitas, kita akan kehilangan banyak makanan di kulkas yang rusak akibat tidak ada daya listrik.

Baca juga : Berapa Lama Makanan Bisa Tetap Segar Disimpan di Kulkas?

Jika Listrik Sering Mati, Berapa Lama Makanan Tahan Disimpan di Kulkas?Foto: Getty Images

Dikutip dari bnd.com (23/7), menurut FDA makanan di lemari es akan aman, asalkan daya listrik tidak mati lebih dari 4 jam. Batas empat jam hanya berlaku jika pintu kulkas tetap dibiarkan tertutup.

Berbeda dengan makanan yang ada di freezer, makanan beku akan bertahan lebih lama. Freezer yang penuh, dapat menjaga makanan hingga 48 jam. Sedangkan freezer yang berisi setengah, hanya akan bertahan selama 24 jam, selama pintu kulkas tetap dibiarkan tertutup.

'Jika ada makanan seperti ikan, daging atau telur di lemari es tanpa daya listrik selama lebih dari dua jama, buanglah. Tapi jika makanan masih mengandung kristal es atau berada pada suhu 4 C atau mungkin lebih rendah, Anda bisa menyegarkannya kembali, atau memasaknya,' ungkap spesialis makanan, Jillian Hicks.

Jika Listrik Sering Mati, Berapa Lama Makanan Tahan Disimpan di Kulkas?Foto: Carrie Solomon

Berikut adalah beberapa hal bisa Anda lakukan jika sering terjadi pemadaman listrik.

1. Pastikan Anda memiliki termometer di lemari es dan freezer Anda. Periksa untuk memastikan bahwa suhu freezer berada pada atau di bawah -17 C dan lemari es berada pada atau di bawah 4 C. Jika terjadi gangguan listrik, termometer akan menunjukkan suhu di lemari es dan freezer yang dapat membantu Anda mengetahui apakah makanan aman

2. Bekukan makanan yang tidak perlu segera untuk dikonsumsi. Seperti sisa makanan, susu, dan daging segar. Ini membantu menjaga suhu aman lebih lama.

3. Kelompokkan makanan di dalam freezer. Ini membantu makanan tetap dingin lebih lama.

4. Siapkan cooler box untuk menyimpan makanan dingin jika daya listrik mati lebih dari 4 jam.

5. Membeli atau membuat es batu terlebih dahulu. Simpan semua di dalam freezer untuk penggunaan sewaktu-waktu.

6. Periksa tempat terdekat membeli dry ice atau es balok jika diperlukan.

Baca juga : Inilah Cara Benar Menyimpan Masakan di Freezer! (odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com