Mau Bikin Kentang Goreng Seenak Restoran? Coba Langkah-langkah Ini

Maya Safira - detikFood Jumat, 21 Jul 2017 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kentang goreng jadi camilan enak, khususnya buat anak-anak. Supaya kentang goreng renyah seperti di restoran, ikuti tips dari chef ini.

Membuat kentang goreng enak mungkin tidak selamanya mudah. Chef Laurant Tourondel berbagai kepada Today.com cara terbaik membuat kentang goreng. Mulai dari tips hingga teknik pembuatannya dengan 6 langkah praktis.

1. Jenis kentang
Penggunaan kentang Russet (kentang tes), lebih baik untuk kentang goreng dibandingkan varietas seperti Yukon gold. Sebab kentang Russet punya kandungan pati lebih tinggi.

Mau Bikin Kentang Goreng Seenak Restoran? Coba Langkah-langkah IniJenis Kentang Tes Jadi Pilihan Terbaik untuk Kentang Goreng (Foto: iStock)

2. Pengupasan
Sebaiknya gunakan pengupas kentang yang dilengkapi poin tajam di bagian ujung. Ini bisa menghilangkan titik-titik pada permukaan kulit kentang.

3. Pemotongan
Gunakan pengiris sayuran (French mandolin) untuk memotong kentang. Kalau memakai pisau biasa, potonglah sedikit lebih besar seperti kentang goreng pendamping steak. Sebaiknya potong salah satu ujung kentang sebelum mulai mengirisnya agar lebih stabil.

4. Perendaman
Rendam potongan kentang dalam air dingin untuk menghilangkan kelebihan pati. Ini akan membantu membuat hasil akhir sangat renyah.

Mau Bikin Kentang Goreng Seenak Restoran? Coba Langkah-langkah IniMerendam Kentang dalam Air Dingin Bisa Bikin Kentang Goreng Renyah (Foto: detikFood/iStock)

5. Masak tahap pertama
Untuk kentang goreng yang empuk di dalam dan renyah di luar, Anda perlu menggorengnya dua kali. Pada penggorengan pertama gunakan suhu lebih rendah sekitar 127 derajat C sampai 138 derajat C. Ini akan memastikan kentang matang, tapi tidak berlebihan. Sehingga kentang tidak berantakan.

6. Penyimpanan
Setelah memasaknya, kentang perlu waktu untuk didiamkan dan didinginkan. Tapi jangan bungkus kentang dengan plastic wrap karena bisa membuatnya lembab. Sebaiknya biarkan kentang tanpa penutup atau tutup dengan tisu dapur bersih dan dinginkan di lemari es.

7. Kontrol suhu
Biarkan suhu kentang turun jadi sesuai suhu ruang sebelum menggorengnya. Supaya kentang lebih renyah dan membantu menjaga suhu minyak goreng lebih konstan.

Mau Bikin Kentang Goreng Seenak Restoran? Coba Langkah-langkah IniGoreng Kentang Dua Kali Agar Teksturnya Renyah Sempurna (Foto: iStock)

8. Masak tahap kedua
Proses penggorengan terakhir pada kentang goreng dilakukan dengan suhu tinggi sekitar 190 derajat C. Ini akan membuat hasil kentang berwarna keemasan dan renyahnya sempurna.

9. Beri garam
Tiriskan kentang dengan rak kawat (wire rack) yang ditaruh di atas nampan. Bukan meniriskan dengan tisu. Anda perlu sedikit minyak tetap ada di permukaan kentang sehingga garam bisa menempel lebih baik. Gunakan garam laut yang halus daripada garam kasar.

(adr/odi)