Gurihnya 'Fried Chicken'

Ini Rahasia 'Chikin,' Ayam Goreng Korea yang Krenyes Pedas

Regita Lorena - detikFood Kamis, 20 Jul 2017 10:39 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Meski dipopulerkan oleh Amerika, ayam goreng tepung juga dikenal oleh Korea Selatan. Rasanya disesuaikan dengan rasa lokal Korea yang pedas gurih.

Fried Chicken asal Amerika juga sangat populer di beberapa wilayah Asia termasuk Korea Selatan. Awalnya dikenal melalui jaringan global fried chicken Amerika. Kemudian ayam goreng diadaptasi dengan bumbu lokal Korea yang dikenal spicy dan gurih berempah. Populer dengan sebutan 'Chikin'.

Baca juga: Gurih Manis Ayam Goreng Korea Enak untuk Makan Siang

Ini Rahasia 'Chikin,' Ayam Goreng Korea yang Krenyes PedasAyam Goreng Korea Dikenal dengan Bumbu Pedas Gurih (Foto: iStock)

Seperti dikabarkan thedailymeal (10/7), kini ada banyak gerai di Korea Selatan yang menyajikan ayam goreng tepung yang enak dan gurih. Ayam goreng ini bisa di dapatkan di Bonchon, Kyochon, atau beragam jaringan restoran fast food Korea.

Tampilan fried chicken ini berbeda dengan gaya Amerika. Lapisan tepungnya keriting dengan olesan saus cokelat kemerahan. Dagingnya empuk, tidak berminyak sama sekali. Bahkan saat disimpan di kulkas dan dimakan esok harinya, ayam goreng ini tetap empuk.

Gerai ayam goreng populer di Korea Selatan mungkin tidak akan pernah memberitahu rahasia ayam goreng mereka. Tapi, New York Times 2007 pernah membahas inti dari rahasia renyahnya ayam goreng Korea Selatan ini.

Awalnya potongan ayam diberi sedikit tepung sebelum dicelupkan ke dalam adonan tepung. Ayam digoreng pada suhu 170 C selama 10 menit sampai kecokelatan. Setelah dikeluarkan dari penggorengan, ayam dibiarkan selama beberapa menit. Disinilah rahasianya, setelah itu ayam kembali digoreng selama 10 menit sampai menghasilkan kerak keemasan yang keriting.

Ini Rahasia 'Chikin,' Ayam Goreng Korea yang Krenyes PedasAyam Goreng Korea Melalui Proses Pembumbuan Dua Kali (Foto: iStock)

Ayam goreng tepung yang renyah inipun masih diberi bumbu lagi. Ayam dicelupkan ke dalam saus manis dan sedikit pedas yang merah kecokelatan warnanya. Sausnya akan menyerap ke dalam ayam, sehingga ayam menjadi basah dan lembut saat dimakan.

Karena lapisan tepungnya sudah berbumbu ayam goreng Korea ini enak dimakan tanpa cocolan saus lagi. Dengan nasi putih hangat atau kentang goreng dan kimchi.

Baca juga: Hari Ini Enaknya Bikin Ayam Goreng Korea dan Ayam Goreng Rempah yang Gurih Sedap

(adr/odi)