Mi Ayam Enak

Enak Tapi Sehat, Mie Ayam warna-warni Ini Dibuat dari Sayuran!

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 19 Jul 2017 16:45 WIB
Foto: Detikfood
FOKUS BERITA Mi Ayam Enak
Jakarta - Karena banyak penggemarnya, beberapa penjual membuat racikan mie ayam sehat. Dengan warna cantik, mie dibuat dengan pak choy hingga charchoal. Gimana rasanya?

Mie ayam biasa dikenal dengan warna putih kekuningan. Akan tetapi, beberapa restoran justru membuat kreasi unik dengan menambahkan warna pada mie ayam. Ada warna merah, hijau, oranye bahkan hitam. Mie warna-warni ini juga dibuat dengan berbagai macam bahan alami seperti bayam, sawi hijau, pak choy, wortel hingga bit. Untuk warna hitam, charcoal atau bubuk arang dan tinta cumi juga sering dijadikan bahan tambahan.

Baca juga: Coba Sensasi Enak Makan Mie Hitam hingga Mie Pelangi di Tempat Ini

Mie ayam biasa dan mie ayam hijau.Mie ayam biasa dan mie ayam hijau. Foto: iStock

Walaupun menyehatkan, tapi jika dibuat dengan racikan yang kurang tepat tentu rasanya akan berbeda dan justru muncul semburat rasa pahit. Mienya dibuat dengan campuran terigu, telur dan air yang diuleni hingga kalis. Untuk membuat mie hijau ataupun hitam yang enak, bisa menggunakan campuran sayuran berwarna hijau dan juga charcoal.

"Mie hijau agar rasanya lebih enak dan tidak pahit, saya menggunakan pak choy," tutur Cindy, pemilik Kedai Mamaku yang terkenal dengan mie hijau dan hitamnya kepada detikFood (19/07).

Dalam proses pembuatannya, terigu, telur, air serta sari pak choy diuleni hingga kalis. Sayur pak choy diambil sarinya dengan menggunakan mesin juicer sehingga tidak ada ampasnya.

Pak choy untuk membuat mie hijau.Pak choy untuk membuat mie hijau. Foto: iStock

"Pernah mencoba dengan sawi hijau, tapi ternyata rasanya kurang oke, ada bau khas sawinya," ujar Cindy.

Untuk mendapatkan warna mie hitam, ia tidak memilih campuran tinta hitam cumi tetapi yang digunakan adalah charcoal atau arang bambu. Arang yang digunakan sebagai pewarna makanan bukanlah arang sisa hasil pembakaran. Arang ini sebenarnya adalah zat karbon yang sudah melalui tahap proses pemurnian sehingga tidak mengandung zat kimia lain.

Baca juga: Amankah Konsumsi Arang Bambu bagi Kesehatan?

"Kalau menggunakan tinta cumi, rasanya amis jadi lebih baik menggunakan charcoal," ujar Cindy. Selain itu, Cindy juga menuturkan untuk lebih memperhatikan warnanya. Kalau warnanya terlalu mencolok, bisa saja ada zat pewarna yang ditambahkan.

Soal racikan, mie dengan perpaduan warna alami ini lebih cocok diolah jadi mie ayam biasa bukan yamie. "Kalau yamien tentu warna alami mienya akan hilang dong jadi kurang bagus," pungkasnya. (lus/odi)
FOKUS BERITA Mi Ayam Enak