Mi Ayam Enak

Ini Dia 6 Pelengkap yang Bikin Mie Ayam Makin Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 19 Jul 2017 12:09 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Mi Ayam Enak
Jakarta - Makan mie ayam tentu tak enak jika tak diberi pelengkap. Teksturnya yang lembut dengan paduan minyak dan bumbu gurih semakin sedap dan bikin Anda nambah!

Mie ayam menjadi makanan favorit banyak orang. Harganya yang terjangkau membuat sajian makanan ini jadi pilihan makan siang enak. Tidak selalu daging ayam, beberapa penjual mie ayam juga menambahkan topping atau pelengkap lain yang bisa Anda coba.

Berikut ini beberapa pelengkap mie ayam enak. Mau coba?

Baca juga: Mencicip Kelezatan Mie Ayam di 5 Restoran Ngetop Ini!

1. Bakso

Mie ayam dengan pelengkap bakso bisa jadi pilihan.Mie ayam dengan pelengkap bakso bisa jadi pilihan. Foto: dok. DetikFood

Beragam bakso seperti bakso sapi dan bakso ikan sering dipadukan dengan mie ayam. Bakso yang kenyal dengan rasa yang enak semakin enak disantap bersama dengan kuah bumbu mie ayam yang gurih sedikit manis. Sedangkan bakso ikan, dicampurkan ke dalam sajian mie ayam berjenis mie tipis seperti Pontianak ataupun Bangka.

2. Pangsit rebus dan goreng

Pangsit goreng yang enak dipadu mie ayam atau saus asam manis.Pangsit goreng yang enak dipadu mie ayam atau saus asam manis. Foto: iStock

Sebagai pelengkap sajian mie ayam, pangsit goreng dan pangsit rebus bisa jadi paduannya. Kalau suka dengan mie ayam yang kering, Anda bisa memadukannya dengan pangsit rebus. Pangsit ini dibuat dengan isian ayam dan beberapa bumbu seperti daun bawang hingga bawang putih. Bisa disajikan, pangsit rebus ini akan direndam dengan kuah kaldu yang gurih.

Sedangkan untuk pangsit goreng, teksturnya renyah dengan isian potongan daging ayam gurih. Selain enak dinikmati bersama dengan mie ayam, pangsit goreng ini juga enak dijadikan camilan dengan dicocol saus asam manis.

3. Ceker ayam

Mie ayam dengan paduan ceker dan bakso.Mie ayam dengan paduan ceker dan bakso. Foto: Detikfood

Mie ayam ceker selalu jadi incaran penggemarnya. Bagaimana tidak, racikan mie yamin yang manis gurih dipadu dengan potongan ceker lunak berbumbu gurih. Biasanya, ceker ayam yang digunakan ini berukuran besar sehingga saat direbus lama tidak hancur dan lebih mudah dinikmati.

4. Daging ayam

Potongan daging ayam gurih yang jadi topping mie ayam.Potongan daging ayam gurih yang jadi topping mie ayam. Foto: Detikfood

Kalau judulnya mie ayam atau bakmi ayam sudah pasti menggunakan campuran daging ayam. Dipotong kotak-kotak, beberapa penjual mie ayam memadukannya dengan bumbu kecap dan rempah yang dimasak hingga meresap. Ada juga yang menyajikan daging ayam dengan kecap sedikit sehingga masih berwarna agak putih.

Jika daging ayam berpadu dengan minyak ayam, tentu rasanya semakin gurih. Mantap!

5. Jamur

Selain ayam, jamur jadi pelengkap mie ayam enak.Selain ayam, jamur jadi pelengkap mie ayam enak. Foto: dok. DetikFood

Selain menambah rasa umami, jamur yang ada di dalam mie ayam juga dapat menambah nutrisi. Jenis jamurnya berbeda-beda, tapi kebanyakan penjual memberi campuran jamur merang, seperti di Bakmi Jhon yang menggunakan jamur merang sebagai campuran mie ayamnya.

6. Seafood

Mie ayam dengan topping daging kepiting.Mie ayam dengan topping daging kepiting. Foto: detikfood

Selain udang, daging kepiting juga cocok dijadikan sebagai pendamping bakmi atau mie ayam. Penggunaan daging kepiting ini sering diolah dengan bakmi Pontianak. Bakmi Ayau, menjadi salah satu rekomendasi bakmi dengan kepiting yang bisa Anda coba.

Baca juga: Ini Dia Warung 2 Mie Ayam Legendaris di Jakarta, Anda Wajib Coba! (lus/odi)
FOKUS BERITA Mi Ayam Enak