Unik! Sabun Stainless Steel Ini Bisa Hilangkan Bau Bawang hingga Ikan di Tangan

Maya Safira - detikFood Minggu, 16 Jul 2017 13:32 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bawang putih, bawang bombay atau ikan memang punya citarasa enak. Tapi aromanya bisa bikin tangan jadi bau tidak sedap setelah mengolahnya. Sabun stainless steel ini bisa mengatasinya.

'Rub-A-Way' rancangan Amco sebenarnya merupakan baja tahan karat yang dibentuk seperti sabun. Sabun stainless steel ini disebut bisa menghilangkan bau tak sedap di tangan sisa bahan makanan seperti bawang atau sayuran lainnya. Satu batang Rub-A-Way dijual seharga $8 (Rp 106.400).

Unik! Sabun Stainless Steel Ini Bisa Hilangkan Bau Bawang hingga Ikan di TanganFoto: Istimewa


Untuk cara pengunaannya, Anda tinggal menggosokannya ke tangan, sama seperti sabun biasa. Sambil membilas tangan dengan air. Supaya aromanya hilang.

Amco klaim mencuci tangan dengan sabun biasa hanya membuat aromanya makin memburuk. Karena air mengubah sulfur yang ditinggalkan bawang putih atau bawang bombay di tangan jadi asam sulfat. Ini meningkatkan intensitas bau tidak sedap.

Sementara ion logam dari baja tahan karat memiliki afinitas tinggi untuk senyawa sulfur dan nitrogen. Sehingga bisa menarik dari tangan Anda termasuk bau tak menyenangkan yang tertinggal.

Unik! Sabun Stainless Steel Ini Bisa Hilangkan Bau Bawang hingga Ikan di TanganFoto: Istimewa


Lalu apakah Rub-A-Way benar-benar efektif? Menurut situs Culinary Lore, jawabannya adalah 'kadang-kadang'. Sebenarnya ini berlaku pada stainless secara umum. Namun karena sabun ini memang sepotong stainless steel sederhana, maka bisa diasumsikan sama.

"Saya benar menemukan ini bekerja, tapi hanya sebagian waktu saja. Saya belum menemukannya bisa bekerja secara konsisten," ungkap salah satu penulis di Culinary Lore.

Adapun pada tahun 2006, NPR meminta seorang ahli kimia independen melakukan uji informal terhadap efektivitas baja tahan karat. Hasilnya menunjukkan bahwa stainless steel tidak bisa menghilangkan aroma bawang putih dari tangan. (msa/odi)