Iklan Es Krim Viral, Produsen Akui Produknya Jadi Banyak Dicari

Maya Safira - detikFood Sabtu, 15 Jul 2017 11:31 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Produsen iklan es krim yang viral ikut berbagi cerita dibalik ide iklan. Pihaknya mengaku banyak respon positif dari masyarakat sejak iklan digital itu tersebar luas.

Sekitar awal Juli lalu sempat ramai pemberitaan mengenai iklan Indoeskrim Nusantara yang mengangkat tema sinetron kolosal. Pemicunya yaitu kemunculan potongan video iklan ini di akun Instagram @9GAG.

Melalui surel kepada Detikfood, Anita Wibowo selaku GM Marketing PT Indolakto yang memproduksi es krim ini, bercerita lebih jauh tentang iklan tersebut. Termasuk ide iklan yang agak 'nyeleneh' agar bisa menarik perhatian publik secara cepat dan tepat terhadap produk es krim yang sudah diluncurkan sejak Oktober 2016 itu.

Iklan kolosal es krim yang viral.Iklan kolosal es krim yang viral. Foto: Screenshot YouTube Indoeskrim

Baca juga: Ini Cerita Dimas Djay Soal Pembuatan Iklan Es Krim ala Sinetron Kolosal yang Viral

Menurutnya, rasa Indoeskrim Nusantara terinspirasi dari penganan tradisional Indonesia. Seperti Es Teler, Es Kopyor dan Ketan Hitam.Tiap rasa tersebut dianggap memiliki unsur nostalgia, seperti yang diharapkan tiap kali konsumen menikmati rasa Indoeskrim Nusantara. Karena itu diangkatlah keunikan tersebut dengan ide besar "Berasa Banget Indonesia-nya".

Es krim dengan cita rasa nusantara.Es krim dengan cita rasa nusantara. Foto: iStock

"Secara eksekusi kita cari eksekusi yang sangat-sangat Indonesia dan punya unsur nostalgia. Konsumen yang melihat komunikasi diharapkan merasa bahwa 'ini memang Indonesia banget'. Dari beberapa pilihan kita akhirnya memutuskan "Drama Kolosal Indonesia" lah yang paling tepat untuk memperkenalkan kembali Indoeskrim Nusantara yang kaya akan elemen Indonesia (sesuai dengan rasanya)," ujar Anita yang mengaku ini baru pertama bagi Indoeskrim membuat iklan unik.

Senada dengan pernyataan Dimas Djay, sutradara iklannya, Anita mengaku inspirasi berasal dari beberapa kisah. Seperti Saur Sepuh, Tutur Tinular atau Brama Kumbara.

Iklan kolosal es krim.Iklan kolosal es krim. Foto: Screenshot YouTube Indoeskrim

"Tapi untuk konten iklan ini, agar lebih relevan ke produk dan target konsumen kami, cerita kolosan tersebut kami 'twist' jadi kisah sehari-hari yang mungkin terjadi di keluarga modern Indonesia. Seperti pertengkaran kakak adik yang berebut es krim, dilerai ibu dan solusinya saat ayah datang membawa es krim. Sehingga kami gabungkan antara setting Saur Sepuh/Brama Kumbara dengan cerita sehari-hari keluarga modern," jelasnya.

Pemakaian beberapa peralatan modern diakui supaya relevan dengan target market produk yaitu keluarga Millenial. Dimana lekat dengan teknologi dan hampir tak pernah lepas dari gadget.

Terkait iklan yang jadi viral, Anita mengungkapkan,"Kami senang sekali iklan ini disukai dan menghibur, hingga jadi trending YouTube dan 9GAG. Ini benar-benar di luar dugaan pihak kami." Ia juga menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian netizen dan konsumen yang menyukai iklan tersebut.

Baca juga: Iklan Es Krim yang Dibuatnya Jadi Viral, Ini Komentar Dimas Djay

Semenjak viral, Indoeskrim mendapat respon positif. "Sejak iklan tayang, cukup banyak tanggapan positif dari konsumen. Brand awareness menjadi naik dan banyak yang mencari produk kita untuk mencoba," ungkap Anita.

Anita menambahkan bisa saja kedepannya ada kemungkinan Indoeskrim membuat iklan unik lagi. "Selama sesuai dengan strategi marketing yang kita siapkan," tutupnya.



(lus/odi)
Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa

Menu Ke-12 : Asin Gurih Hidangan Teri dan Segarnya Es Sekoteng Untuk Buka Puasa